Pengembangan 2D Game Client Untuk Multiplayer Game Menggunakan Teknologi Java

Main Author: MurtiDaryandono
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/139685/
ctrlnum 139685
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/139685/</relation><title>Pengembangan 2D Game Client Untuk Multiplayer Game Menggunakan Teknologi Java.</title><creator>MurtiDaryandono</creator><subject>621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting</subject><description> &#xD; Perkembangan teknologi komputasi dan jaringan yang pesat saat ini memacu inovasi dan kemajuan industri game. Game berdasarkan jumlah pemain dibagi menjadi dua, yaitu single player game dan multiplayer game . Multiplayer game berdasarkan lokasi fisik permainan dibagi menjadi dua yaitu local multiplayer game dan networked multiplayer game. Local multiplayer game dimainkan dalam satu mesin sedangkan networked multiplayer game dimainkan di beberapa mesin melalui jaringan. Networked multiplayer game umumnya dibedakan menjadi dua kelompok yaitu LAN (Local Area Network) Game dan WAN (Wide Area Network) Game. Aplikasi yang dibuat ini berupa LAN multiplayer tank game . Pengembangan aplikasi ini terbagi menjadi dua buah subsistem, yaitu game server dan game client . &#xD; Game client ini dikembangkan dengan konsep pemrograman berbasis obyek dengan UML ( Unified Modelling Language ) sebagai tool untuk perancangan aplikasi. Game yang dikembangkan memiliki grafis 2D dengan genre permainan action . Teknologi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah Slick2D sebagai game framework , Pedigree untuk partikel sistem, TileD untuk map editor , serta Java sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk implementasi kode pemrograman. Pengujian menunjukkan nilai rata-rata FPS yang dihasilkan sebesar 248,5139 cukup baik karena telah berada diatas nilai minimum FPS yang dapat diterima oleh mata manusia yaitu antara 10 hingga 50 FPS (tergantung intensitas cahaya) serta berada diatas nilai minimum FPS yang dapat digambarkan oleh monitor komputer yaitu antara 70 hingga 90 FPS [DAV-05]. Hasil dari pengembangan game client ini akan di integrasikan dengan LAN game server menjadi multiplayer tank game . </description><date>2009-02-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> MurtiDaryandono (2009) Pengembangan 2D Game Client Untuk Multiplayer Game Menggunakan Teknologi Java. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2009/121/050900975</relation><recordID>139685</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author MurtiDaryandono
title Pengembangan 2D Game Client Untuk Multiplayer Game Menggunakan Teknologi Java
publishDate 2009
topic 621.3 Electrical
magnetic
optical
communications
computer engineering; electronics
lighting
url http://repository.ub.ac.id/139685/
contents Perkembangan teknologi komputasi dan jaringan yang pesat saat ini memacu inovasi dan kemajuan industri game. Game berdasarkan jumlah pemain dibagi menjadi dua, yaitu single player game dan multiplayer game . Multiplayer game berdasarkan lokasi fisik permainan dibagi menjadi dua yaitu local multiplayer game dan networked multiplayer game. Local multiplayer game dimainkan dalam satu mesin sedangkan networked multiplayer game dimainkan di beberapa mesin melalui jaringan. Networked multiplayer game umumnya dibedakan menjadi dua kelompok yaitu LAN (Local Area Network) Game dan WAN (Wide Area Network) Game. Aplikasi yang dibuat ini berupa LAN multiplayer tank game . Pengembangan aplikasi ini terbagi menjadi dua buah subsistem, yaitu game server dan game client . Game client ini dikembangkan dengan konsep pemrograman berbasis obyek dengan UML ( Unified Modelling Language ) sebagai tool untuk perancangan aplikasi. Game yang dikembangkan memiliki grafis 2D dengan genre permainan action . Teknologi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah Slick2D sebagai game framework , Pedigree untuk partikel sistem, TileD untuk map editor , serta Java sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk implementasi kode pemrograman. Pengujian menunjukkan nilai rata-rata FPS yang dihasilkan sebesar 248,5139 cukup baik karena telah berada diatas nilai minimum FPS yang dapat diterima oleh mata manusia yaitu antara 10 hingga 50 FPS (tergantung intensitas cahaya) serta berada diatas nilai minimum FPS yang dapat digambarkan oleh monitor komputer yaitu antara 70 hingga 90 FPS [DAV-05]. Hasil dari pengembangan game client ini akan di integrasikan dengan LAN game server menjadi multiplayer tank game .
id IOS4666.139685
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T09:29:38Z
last_indexed 2021-10-28T07:28:22Z
recordtype dc
_version_ 1751454842903068672
score 17.538404