Perancangan Alat Bantu Pengenalan Alfabet dan Angka Untuk Balita
Main Author: | RatnaYunita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/139616/ |
Daftar Isi:
- Pengenalan kegiatan membaca, bahasa dan berhitung sejak usia balita akan membantu anak dalam menangkap pelajaran nantinya. Dalam kegiatan pengenalan membaca dan mengeja dikenal sebuah metode pembelajaran phonetic approach awareness yaitu metode pengenalan dasar phonetic yang berupa aturan bunyi huruf dan penggabungan bunyi huruf. Pada usia 3 – 5 tahun pertumbuhan anak yang utama adalah panca indra, sehingga anak-anak memiliki kecenderungan untuk bermain sesuka hati dari pada belajar membaca atau memegang alat tulis. Dalam proses pembelajaran pada balita dibutuhkan teknik atau metode pembelajaran yang sesuai dengan kecenderungan anak untuk bermain. Oleh karena itu penggunaan media yang tepat dalam proses pembelajaran balita memiliki peranan yang sangat penting. Dalam skripsi ini dirancang dan dibuat alat pengenalan huruf dan angka yang memanfaatkan ATMega 8535 sebagai pengontrol utama. Alat ini dilengkapi dengan fasilitas tebak-tebakan dan pengucapan angka serta huruf dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Selain itu proses tampilan huruf dan angka dirancang sedemikian rupa untuk memberikan gambaran bagaimana huruf atau angka tersebut ditulis. Alat ini disusun oleh ISD 25120 sebagai kel uaran dalam bentuk suara, dot matrik sebagai tampilan angka dan huruf. Keluaran alat dapat diakses menggunakan keyboard PC dan tombol random. Tombol random disusun dari sebuah rangkaian saklar sentuh yang menggunakan IC 555 sebagai komponen utamanya. Rangkaian ini memanfaatkan imbas radiasi listrik pada tubuh manusia.