Desain Dan Implementasi Mobile Augmented Reality Untuk Media Pembelajaran 3D Hidrosfer
Main Author: | Aristo, Ryan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/13952/1/Ryan%20Aristo.pdf http://repository.ub.ac.id/13952/ |
Daftar Isi:
- Pelajaran Geografi adalah merupakan pelajaran yang dianggap tidak mudah bagi sebagian besar siswa. Banyak diantara mereka yang tidak tertarik pada mata pelajaran ini, karena begitu luasnya ruang lingkup materi dan kurang adanya visualisasi yang dipelajari dalam mata pelajaran geografi ini. Dalam hal ini peran dari teknologi informasi seperti teknologi mobile augmented reality untuk memberikan data suatu informasi khususnya hidrosfer. Berdasarkan permasalahan tersebut, suatu pengetahuan mengenai atmosfer dan hidrosfer memang cukup sulit untuk dijabarkan karena kedua hal tersebut merupakan suatu gejala alam yang sulit untuk dilihat namun dapat dirasakan oleh manusia. Pengetahuan mengenai atmosfer dan hidrosfer ini biasanya didapat dari buku, tenaga pengajar atau ahli ilmu pengetahuan. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah memvisualisasikan dalam bentuk aplikasi mobile augmented reality untuk media pembelajaran 3D hidrosfer. Berdasarkan pengujian validasi telah memenuhi seluruh kebutuhan fungsional. Pada hasil dari pengujian usability menggunakan metode System Usability Scale didapatkan skor SUS sebesar 82. Skor SUS tersebut menunjukkan bahwa aplikasi aplikasi mobile augmented reality untuk media pembelajaran 3D hidrosfer dapat digunakan dengan mudah. Pada hasil dari pengujian media pembelajaran menunjukkan aplikasi mobile augmented reality untuk media pembelajaran 3D hidrosfer dapat digunakan dengan baik pada pengguna