Optimasi Penjadwalan Ujian Akhir Semester Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus: SMAN 5 Malang)

Main Author: Susilo, Ni`mah Firsta Cahya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13951/1/Ni%60mah%20Firsta%20Cahya%20Susilo.pdf
http://repository.ub.ac.id/13951/
ctrlnum 13951
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/13951/</relation><title>Optimasi Penjadwalan Ujian Akhir Semester&#xD; Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus: SMAN 5 Malang)</title><creator>Susilo, Ni`mah Firsta Cahya</creator><subject>005.1 Programming</subject><description>Penjadwalan merupakan suatu kegiatan dengan pembagian waktu yang rinci&#xD; untuk berbagai tujuan pada berbagai bidang. Penjadwalan ujian akhir semester di&#xD; SMAN 5 Malang dalam praktiknya masih ditemukan beberapa kendala seperti&#xD; terbatasnya pengawas ujian serta distribusi mata pelajaran yang diujikan kurang&#xD; sesuai. SMAN 5 Malang telah menerapkan jadwal ujian dengan membagi mata&#xD; pelajaran berdasarkan mata pelajaran ujian nasional dan mata pelajaran lainnya.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perubahan parameter pada&#xD; algoritme genetika dan menemukan solusi penjadwalan ujian akhir semester pada&#xD; SMAN 5 Malang dengan algoritme genetika. Penjadwalan ujian akhir semester&#xD; dalam peneltian ini terbagi menjadi penjadwalan mata pelajaran dan penjadwalan&#xD; pengawas ujian. Pengujian individu mata pelajaran dan pengawas dilakukan&#xD; sebanyak 5 kali dengan ukuran populasi sebesar 100, jumlah generasi sebesar 500&#xD; serta kombinasi nilai crossover rate sebesar 0.5 dan mutation rate sebesar 0.5.&#xD; Pengujian menghasilkan jumlah populasi optimal untuk individu mata pelajaran&#xD; sejumlah 180 sedangkan untuk individu pengawas sejumlah 150. Pada pengujian&#xD; kombinasi nilai Cr dan Mr ditemukan kombinasi nilai optimal untuk individu mata&#xD; pelajaran adalah Cr = 0.7 dan Mr = 0.3 dan kombinasi nilai Cr = 0.6 dan Mr = 0.4&#xD; untuk individu pengawas dengan jumlah generasi optimal pada individu mata&#xD; pelajaran adalah 200 generasi sedangkan pada individu pengawas adalah 400&#xD; generasi.</description><date>2018-07-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/13951/1/Ni%60mah%20Firsta%20Cahya%20Susilo.pdf</identifier><identifier> Susilo, Ni`mah Firsta Cahya (2018) Optimasi Penjadwalan Ujian Akhir Semester Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus: SMAN 5 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2018/758/051809019</relation><recordID>13951</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Susilo, Ni`mah Firsta Cahya
title Optimasi Penjadwalan Ujian Akhir Semester Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus: SMAN 5 Malang)
publishDate 2018
topic 005.1 Programming
url http://repository.ub.ac.id/13951/1/Ni%60mah%20Firsta%20Cahya%20Susilo.pdf
http://repository.ub.ac.id/13951/
contents Penjadwalan merupakan suatu kegiatan dengan pembagian waktu yang rinci untuk berbagai tujuan pada berbagai bidang. Penjadwalan ujian akhir semester di SMAN 5 Malang dalam praktiknya masih ditemukan beberapa kendala seperti terbatasnya pengawas ujian serta distribusi mata pelajaran yang diujikan kurang sesuai. SMAN 5 Malang telah menerapkan jadwal ujian dengan membagi mata pelajaran berdasarkan mata pelajaran ujian nasional dan mata pelajaran lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perubahan parameter pada algoritme genetika dan menemukan solusi penjadwalan ujian akhir semester pada SMAN 5 Malang dengan algoritme genetika. Penjadwalan ujian akhir semester dalam peneltian ini terbagi menjadi penjadwalan mata pelajaran dan penjadwalan pengawas ujian. Pengujian individu mata pelajaran dan pengawas dilakukan sebanyak 5 kali dengan ukuran populasi sebesar 100, jumlah generasi sebesar 500 serta kombinasi nilai crossover rate sebesar 0.5 dan mutation rate sebesar 0.5. Pengujian menghasilkan jumlah populasi optimal untuk individu mata pelajaran sejumlah 180 sedangkan untuk individu pengawas sejumlah 150. Pada pengujian kombinasi nilai Cr dan Mr ditemukan kombinasi nilai optimal untuk individu mata pelajaran adalah Cr = 0.7 dan Mr = 0.3 dan kombinasi nilai Cr = 0.6 dan Mr = 0.4 untuk individu pengawas dengan jumlah generasi optimal pada individu mata pelajaran adalah 200 generasi sedangkan pada individu pengawas adalah 400 generasi.
id IOS4666.13951
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2019-03-28T02:18:39Z
last_indexed 2021-10-28T06:49:55Z
recordtype dc
_version_ 1751453698273312768
score 17.538404