Optimasi Penjadwalan Ujian Akhir Semester Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus: SMAN 5 Malang)
Main Author: | Susilo, Ni`mah Firsta Cahya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/13951/1/Ni%60mah%20Firsta%20Cahya%20Susilo.pdf http://repository.ub.ac.id/13951/ |
ctrlnum |
13951 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/13951/</relation><title>Optimasi Penjadwalan Ujian Akhir Semester
Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus: SMAN 5 Malang)</title><creator>Susilo, Ni`mah Firsta Cahya</creator><subject>005.1 Programming</subject><description>Penjadwalan merupakan suatu kegiatan dengan pembagian waktu yang rinci
untuk berbagai tujuan pada berbagai bidang. Penjadwalan ujian akhir semester di
SMAN 5 Malang dalam praktiknya masih ditemukan beberapa kendala seperti
terbatasnya pengawas ujian serta distribusi mata pelajaran yang diujikan kurang
sesuai. SMAN 5 Malang telah menerapkan jadwal ujian dengan membagi mata
pelajaran berdasarkan mata pelajaran ujian nasional dan mata pelajaran lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perubahan parameter pada
algoritme genetika dan menemukan solusi penjadwalan ujian akhir semester pada
SMAN 5 Malang dengan algoritme genetika. Penjadwalan ujian akhir semester
dalam peneltian ini terbagi menjadi penjadwalan mata pelajaran dan penjadwalan
pengawas ujian. Pengujian individu mata pelajaran dan pengawas dilakukan
sebanyak 5 kali dengan ukuran populasi sebesar 100, jumlah generasi sebesar 500
serta kombinasi nilai crossover rate sebesar 0.5 dan mutation rate sebesar 0.5.
Pengujian menghasilkan jumlah populasi optimal untuk individu mata pelajaran
sejumlah 180 sedangkan untuk individu pengawas sejumlah 150. Pada pengujian
kombinasi nilai Cr dan Mr ditemukan kombinasi nilai optimal untuk individu mata
pelajaran adalah Cr = 0.7 dan Mr = 0.3 dan kombinasi nilai Cr = 0.6 dan Mr = 0.4
untuk individu pengawas dengan jumlah generasi optimal pada individu mata
pelajaran adalah 200 generasi sedangkan pada individu pengawas adalah 400
generasi.</description><date>2018-07-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/13951/1/Ni%60mah%20Firsta%20Cahya%20Susilo.pdf</identifier><identifier> Susilo, Ni`mah Firsta Cahya (2018) Optimasi Penjadwalan Ujian Akhir Semester Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus: SMAN 5 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2018/758/051809019</relation><recordID>13951</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Susilo, Ni`mah Firsta Cahya |
title |
Optimasi Penjadwalan Ujian Akhir Semester
Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus: SMAN 5 Malang) |
publishDate |
2018 |
topic |
005.1 Programming |
url |
http://repository.ub.ac.id/13951/1/Ni%60mah%20Firsta%20Cahya%20Susilo.pdf http://repository.ub.ac.id/13951/ |
contents |
Penjadwalan merupakan suatu kegiatan dengan pembagian waktu yang rinci
untuk berbagai tujuan pada berbagai bidang. Penjadwalan ujian akhir semester di
SMAN 5 Malang dalam praktiknya masih ditemukan beberapa kendala seperti
terbatasnya pengawas ujian serta distribusi mata pelajaran yang diujikan kurang
sesuai. SMAN 5 Malang telah menerapkan jadwal ujian dengan membagi mata
pelajaran berdasarkan mata pelajaran ujian nasional dan mata pelajaran lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perubahan parameter pada
algoritme genetika dan menemukan solusi penjadwalan ujian akhir semester pada
SMAN 5 Malang dengan algoritme genetika. Penjadwalan ujian akhir semester
dalam peneltian ini terbagi menjadi penjadwalan mata pelajaran dan penjadwalan
pengawas ujian. Pengujian individu mata pelajaran dan pengawas dilakukan
sebanyak 5 kali dengan ukuran populasi sebesar 100, jumlah generasi sebesar 500
serta kombinasi nilai crossover rate sebesar 0.5 dan mutation rate sebesar 0.5.
Pengujian menghasilkan jumlah populasi optimal untuk individu mata pelajaran
sejumlah 180 sedangkan untuk individu pengawas sejumlah 150. Pada pengujian
kombinasi nilai Cr dan Mr ditemukan kombinasi nilai optimal untuk individu mata
pelajaran adalah Cr = 0.7 dan Mr = 0.3 dan kombinasi nilai Cr = 0.6 dan Mr = 0.4
untuk individu pengawas dengan jumlah generasi optimal pada individu mata
pelajaran adalah 200 generasi sedangkan pada individu pengawas adalah 400
generasi. |
id |
IOS4666.13951 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2019-03-28T02:18:39Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:49:55Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751453698273312768 |
score |
17.538404 |