CDI Dengan Pengaturan Waktu Pengapian Berdasarkan Putaran Mesin dan Posisi Throttle Untuk Sepeda Motor 4 Langkah

Main Author: MuhlisAdiSaputro
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/139402/
ctrlnum 139402
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/139402/</relation><title>CDI Dengan Pengaturan Waktu Pengapian Berdasarkan Putaran Mesin dan Posisi Throttle Untuk Sepeda Motor 4 Langkah</title><creator>MuhlisAdiSaputro</creator><subject>621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting</subject><description> Dalam sepeda motor dengan sistem pengapian menggunakan busi, maka CDI merupakan salah satu piranti elektronik yang penting untuk mengatur pembakaran pada ruang bakar mesin. Pada penelitian ini dilakukan perancangan CDI dengan menggunakan hubungan parameter-parameter yang berupa kecepatan putaran mesin dan bukaan throttle . Hasil penelitian hubungan parameter yang di dapat dimasukkan dalam tabel sebagai algoritma LookUp Table . Algoritma pengontrolan di implementasikan dengan menggunakan mikrokontroler AVR ATMega 8 sebagai kontrol utama dari sistem ini untuk menentukan waktu tunda agar tercapai derajat pengapian yang sesuai pada putaran mesin dan bukaan throttle . Rangkaian power supply dibuat menggunakan rangkaian DC to DC Converter yang berupa IC MC34063A, trafo, dan sebuah diode penyearah. Kemudian di charge kan pada kapasitor dan selanjutnya di kuatkan oleh koil untuk akhirnya diteruskan ke busi. &#xD; Dari rangkaian keseluruhan CDI didapatkan tegangan keluaran 180 &#x2013; 380 volt dimana tegangan keluaran kapasitor tersebut masih berada di atas yang didinginkan, yaitu 100 volt. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa sistem kontrol pengapian menggunakan look Up Table mampu memberikan waktu pengapian dengan error yang kecil. Program yang di berikan dalam mikrokontroler ATMega 8 disesuaikan dengan sepeda motor yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Suzuki Smash 110cc. &#xD; Penggunaan CDI dengan sistem kontrol berbasis mikrokontroler ATMega 8 yang bekerja berdasarkan kecepatan putaran mesin dan bukaan throttle mampu meningkatkan kecepatan sepeda motor Suzuki Smash 110cc dibandingkan apabila menggunakan CDI standar aslinya. </description><date>2008-07-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> MuhlisAdiSaputro (2008) CDI Dengan Pengaturan Waktu Pengapian Berdasarkan Putaran Mesin dan Posisi Throttle Untuk Sepeda Motor 4 Langkah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2008/571/050802775</relation><recordID>139402</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author MuhlisAdiSaputro
title CDI Dengan Pengaturan Waktu Pengapian Berdasarkan Putaran Mesin dan Posisi Throttle Untuk Sepeda Motor 4 Langkah
publishDate 2008
topic 621.3 Electrical
magnetic
optical
communications
computer engineering; electronics
lighting
url http://repository.ub.ac.id/139402/
contents Dalam sepeda motor dengan sistem pengapian menggunakan busi, maka CDI merupakan salah satu piranti elektronik yang penting untuk mengatur pembakaran pada ruang bakar mesin. Pada penelitian ini dilakukan perancangan CDI dengan menggunakan hubungan parameter-parameter yang berupa kecepatan putaran mesin dan bukaan throttle . Hasil penelitian hubungan parameter yang di dapat dimasukkan dalam tabel sebagai algoritma LookUp Table . Algoritma pengontrolan di implementasikan dengan menggunakan mikrokontroler AVR ATMega 8 sebagai kontrol utama dari sistem ini untuk menentukan waktu tunda agar tercapai derajat pengapian yang sesuai pada putaran mesin dan bukaan throttle . Rangkaian power supply dibuat menggunakan rangkaian DC to DC Converter yang berupa IC MC34063A, trafo, dan sebuah diode penyearah. Kemudian di charge kan pada kapasitor dan selanjutnya di kuatkan oleh koil untuk akhirnya diteruskan ke busi. Dari rangkaian keseluruhan CDI didapatkan tegangan keluaran 180 – 380 volt dimana tegangan keluaran kapasitor tersebut masih berada di atas yang didinginkan, yaitu 100 volt. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa sistem kontrol pengapian menggunakan look Up Table mampu memberikan waktu pengapian dengan error yang kecil. Program yang di berikan dalam mikrokontroler ATMega 8 disesuaikan dengan sepeda motor yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Suzuki Smash 110cc. Penggunaan CDI dengan sistem kontrol berbasis mikrokontroler ATMega 8 yang bekerja berdasarkan kecepatan putaran mesin dan bukaan throttle mampu meningkatkan kecepatan sepeda motor Suzuki Smash 110cc dibandingkan apabila menggunakan CDI standar aslinya.
id IOS4666.139402
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T05:21:42Z
last_indexed 2021-10-28T07:28:07Z
recordtype dc
_version_ 1751454846855151616
score 17.538404