Pengaruh Variasi Sudut Inklinasi Tangensial Air Jet inlet terhadap Emisi Gas Buang dan Temperatur Nyala Api Difusi Annulus Jet
Main Author: | AchmadTaufiq |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/139227/ |
Daftar Isi:
- Pembakaran difusi secara luas digunakan pada sistem pembakaran di industri. Salah satu metode yang digunakan adalah menghasilkan aliran udara berputar (swirl) dengan mengalirkan udara arah tangensial menggunakan tangential air jet inlets . Aliran udara berputar akan membentuk daerah resirkulasi, sehingga percampuran bahan bakar dan udara semakin homogen, akibatnya akan diperoleh pembakaran yang lebih sempurna dan kestabilan api yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi sudut inklinasi tangential air jet inlets pada annulus udara yang paling optimal sebagai usaha meningkatkan temperatur nyala dan mengurangi emisi gas buang yang dapat mencemari lingkungan. Instalasi penelitian terdiri dari beberapa komponen utama yang meliputi tabung LPG sebagai catu bahan bakar, kompresor sebagai catu aliran udara tangensial, blower sebagai catu aliran udara aksial, ruang bakar ( burner) sebagai tempat terjadinya reaksi pembakaran yang berbentuk limas segi empat dengan ukuran 30cm x 30cm x 100cm dan annulus udara sebagai saluran untuk mengkombinasikan aliran udara aksial dan aliran udara tangensial yang berupa pipa silinder berdiameter 60mm.Variabel bebas yang digunakan adalah sudut inklinasi tangential air jet inlets (0 o , 20 o , 40 o , dan 60 o ), dan kecepatan udara tangensial divariasikan dari 0.824 ̧ 6.700 [m.s -1 ], kecepatan aliran bahan bakar dan udara aksial konstan, yaitu 5,14[m.s -1 ] dan 1,160 [m.s -1 ], secara berurutan. Pengambilan data temperatur dilakukan dengan menggunakan termokopel yang dikuatkan oleh Operational Amplifier , selanjutnya data diubah dari data analog ke data digital dengan meggunakan Analog to Digital Converter yang diperoleh dari persamaan korelasi dari tegangan yang dihasilkan termokopel dan temperatur yang terukur pada termometer digital. Pengukuran temperatur dilakukan dengan mengambil data temperatur pada 5 titik yang ditempatkan vertikal diatas nosel. Emisi gas buang diukur dengan Exhaust Gas Analyser . Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar sudut inklinasi tangential air jet inlets mengakibatkan temperatur nyala pada api difusi annulus jet semakin meningkat, dan Emisi gas CO menurun, HC yang tidak terbakar menurun, sedangkan CO 2 meningkat.