Pengaruh Diafragma Tipe X dan V Terhadap Perpindahan Longitudinal dan Transversal Pada Model Jembatan Rangka Dengan Menggunakan Tumpuan Elastomer Akibat Variasi Penempatan Beban Terpusat
Main Author: | ArifPramudyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/139187/ |
Daftar Isi:
- Jembatan merupakan salah satu solusi yang sangat umum digunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan transportasi, terutama yang berkaitan dengan kondisi topografi daerah yang dilalui jalur transportasi. Dalam kaitannya dengan transportasi, jembatan berfungsi sebagai penghubung antara daerah-daerah yang dipisahkan oleh sungai, jurang, lembah, kanal, bahkan laut ataupun, fasilitas-fasilitas umum lainnya seperti jalan tol atau jalan raya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh elemen sekunder jembatan rangka batang, dalam hal ini diafragma berbentuk X dan V terhadap perpindahan longitudinal dan transversal yang terjadi dengan menggunakan tumpuan elastomer dan akibat variasi penempatan beban terpusat. Pengaruh penambahan diafragma pada jembatan rangka dapat diketahui dengan melakukan pengujian di laboratorium. Pengujian dilakukan dengan tiga kondisi yaitu kondisi pertama ketika jembatan rangka tanpa diafragma, kondisi kedua adalah jembatan rangka dengan diafragma tipe X dan kondisi ketiga adalah jembatan rangka dengan diafragma tipe V. Ketiga pengujian tersebut dilakukan dengan harapan hasil yang diperoleh dapat dibandingkan. Secara spesifik hasil pengujian yang dapat dibandingkan adalah besarnya perpindahan longitudinal dan transversal yang terjadi. Penambahan diafragma tipe X lebih berpengaruh daripada diafragma V ditinjau dari pendistribusian beban, sedangkan penambahan diafragma V lebih efektif dari pada diafragma X dan tanpa diafragma ditinjau dari dan perpindahan longitudinal dan transversal yang terjadi pada model jembatan rangka, dan didapatkan nilai perpindahan yang berbeda antara hasil Laboratorium dengan analisa STAADPro 2004.