Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa Dan Faktor Penyebabnya Pada Skill’s Lab Prostodonsia Tahap Sarjana Di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya

Main Author: Putra, Firman Yuwana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13916/1/Firman%20Yuwana%20Putra.pdf
http://repository.ub.ac.id/13916/
Daftar Isi:
  • Dokter gigi dan mahasiswa kedokteran gigi memiliki tingkat stres yang cukup tinggi. Kurikulum pembelajaran yang ada di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya berpotensi menimbulkan stres bagi mahasiswa salah satunya adalah skill’s lab prostodonsia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab stres mahasiswa dan mengidentifikasi tingkat stres mahasiswa saat melakukan skill’s lab prostodonsia di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya. Penelitian ini mengambil subjek populasi seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya angkatan 2015 yang sudah menjalani skill’s lab prostodonsia. Dalam pengumpulan sampel, peneliti menggunakan metode total sampling dan penelitian ini rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data menggunakan kuesioner Dental Environment Stress (DES) untuk mengukur suatu kegiatan yang dialami oleh mahasiswa tersebut memiliki potensi menimbulkan stres dan kuesioner DASS (Depression, Anxiety And Stress Scales) ini untuk mengukur tingkat depresi, kecemasan dan tingkat stres. Data dianalisa menggunkan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan skill’s lab prostodonsia di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya pada tahap sarjana berpotensi menimbulkan stres bagi mahasiswa pada kategori tingkat stres sedang dan tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa saat melakukan skill’s lab prostodonsia termasuk dalam kategori tingkat stres sedang. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa akomodasi tempat tinggal, faktor personal, suasana akademik dan lingkungan pembelajaran merupakan faktor penyebab stres mahasiswa saat melakukan skill’s lab prostodonsia.