Pengaruh Variasi Sudut Inklinasi Tangential Air Jet Inlets terhadap Kestabilan Nyala dan Distribusi Temperatur pada Api Difusi Annulus Jet

Main Author: MalikHizbullah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/138635/1/050700540.pdf
http://repository.ub.ac.id/138635/
Daftar Isi:
  • Pembakaran difusi secara luas digunakan pada sistem pembakaran di industri. Salah satu metode yang digunakan adalah menghasilkan aliran udara berputar ( swirl ) dengan mengalirkan udara arah tangensial menggunakan tangential air jet inlets . Aliran udara berputar akan membentuk daerah resirkulasi, sehingga pencampuran bahan bakar dan udara semakin homogen, akibatnya akan diperoleh pembakaran yang lebih sempurna dan kestabilan api yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi sudut inklinasi tangential air jet inlets pada annulus udara yang paling optimal sebagai usaha peningkatan kestabilan nyala dan distribusi temperatur api difusi jet. Instalasi penelitian terdiri dari beberapa komponen utama yang meliputi tabung LPG sebagai catu bahan bakar, kompresor sebagai catu aliran udara tangensial, blower sebagai catu aliran udara aksial, burner sebagai tempat terjadinya reaksi pembakaran dan annulus sebagai saluran untuk mengkombinasikan aliran udara aksial dan aliran tangensial. Variabel bebas yang digunakan adalah variasi sudut inklinasi tangential air jet inlets , yaitu 0 0, 200, 400 dan 600, kecepatan aliran udara aksial konstan pada 1,158 [m.s-1], kecepatan udara tangensial divariasikan dari 1 ÷ 20 [m.s-1] dan kecepatan aliran bahan bakar juga divariasikan antara 1 ÷ 20 [m.s-1]. Pengambilan data kestabilan diamati secara langsung, kemudian data terjadinya lift off dan blow off dicatat dan diplot dalam grafik kestabilan api. Pengambilan data temperatur dilakukan dengan menggunakan thermocouples yang dikuatkan oleh Operational Amplifier , selanjutnya data diubah dari data analog ke data digital dengan meggunakan Analog to Digital Converter . Pengukuran temperatur hanya dilakukan pada kecepatan aliran bahan bakar konstan yaitu 4,672 [m.s-1]. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar sudut inklinasi tangential air jet inlets yang dipasang pada annulus udara mengakibatkan kestabilan nyala pada api difusi annulus jet semakin meningkat dan distribusi temperatur semakin terdistribusi secara merata ke arah horisontal. Daerah kestabilan api difusi terbesar dan distribusi temperatur ke arah horisontal yang paling baik diperoleh pada pemasangan tangential air jet inlets dengan sudut inklinasi 600. Dari data temperatur juga didapatkan hasil bahwa fluktuasi temperatur yang paling kecil cenderung terjadi pada tengah api.