Pengaruh Pesan Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Pembelian Sayur Organik Di Abang Sayur

Main Author: Andriani, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13862/1/INDAH%20ANDRIANI.pdf
http://repository.ub.ac.id/13862/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan penyampaian pesan melalui media sosial instagram, mendeskripsikan minat konsumen terhadap pembelian sayur online di Abang Sayur dan menganalisis pengaruh pesan menggunakan media sosial instagram terhadap minat konsumen. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model yang menjelaskan proses pesan terdiri dari rute sentral (berfikir secara kritis) dan periferal (tidak berfikir secara kritis). Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan (purposive sampling) dan didapatkan sejumlah 83 responden. Pengumpulan data melalui kueisioner online yang disebar kepada followers Abang Sayur. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Partial Least Squares (PLS). Hasil analisis data statistik deskriptif kegiatan penyampaian pesan melalui media sosial instagram memiliki nilai rata – rata 3.769, variabel minat memiliki nilai rata-rata 3.81. Hasil pengujian hipotesis variabel (X1), (X2) dan (X4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli (Y) dengan nilai p-value ≤ 0.05. Sehingga, dapat dikatakan rute sentral dan rute periferal berpengaruh terhadap minat pembelian