Studi Perbandingan Sistem Pengendali Motor Traksi Pada Kereta Rel Listrik (KRL) di Indonesia Untuk Jalur Rel Surabaya-Malang

Main Author: AdityaBudiman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/138474/1/050702381.pdf
http://repository.ub.ac.id/138474/
Daftar Isi:
  • Kereta Rel Listrik (KRL) bagi masyarakat yang tinggal di kota besar merupakan salah satu solusi untuk menjawab masalah kemacetan lalu lintas dan polusi udara yang biasa terjadi akibat padatnya arus transportasi darat disana. Dalam skripsi ini akan dibahas analisis perbandingan penggunaan Kereta Rel Listrik (KRL) dengan penggerak motor AC dan penggerak motor DC pada jalur kereta Surabaya- Malang sebagai bahan pertimbangan jenis KRL yang paling sesuai untuk dioperasikan disana, ditinjau dari sisi kinerja sistem traksi dalam menghasilkan gaya traksi yang dibutuhkan oleh KRL. Sistem pengendali motor traksi yang dipergunakan adalah sistem Rheostatik untuk KRL berpenggerak motor DC dan sistem Variabel Voltage Variabel Frequency (VVVF) untuk KRL berpenggerak motor AC. Dengan mengetahui kinerja masing-masing sistem yang direpresentasikan dalam kurva torsi fungsi kecepatan, maka akan diperoleh kinerja sistem berupa kecepatan maksimum yang mampu dicapai, waktu tempuh dan percepatan dari masing-masing jenis KRL untuk setiap periode perjalanannya pada kondisi beban yang berubah-ubah. Dari hasil analisa data akan diketahui bahwa kedua jenis KRL layak untuk dioperasikan pada jalur kereta Malang-Surabaya dimana KRL Rheostatik T6000 unggul dari segi akselerasi dan KRL VVVF Holec BN unggul dari segi gaya traksi yang dihasilkan dan kecepatan maksimum yang mampu dicapai untuk kondisi beban yang berubah-ubah.