Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ayam Di Rumah Makan Ayam Pakuan

Main Author: Effendi, MuhammadRidwan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/138234/1/Jurnal_Muhammad_ridwan_Effendi_135050101111024.pdf
http://repository.ub.ac.id/138234/2/SKRIPSI_muhammad_ridwan_effendi_135050101111024.pdf
http://repository.ub.ac.id/138234/
ctrlnum 138234
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/138234/</relation><title>Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ayam Di Rumah Makan Ayam Pakuan</title><creator>Effendi, MuhammadRidwan</creator><subject>636 Animal husbandry</subject><description>Bauran pemasaran merupakan proses sosial yang didalamnya terdapat individu dan kelompok dalam mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan melalui proses menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian serta mengetahui faktor produk, harga, lokasi serta promosi yang dapat mempengaruhi konsumen dalam membeli produk olahan ayam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai informasi mengenai bauran pemasaran yang dapat mempengaruhi konsumen serta sebagai bahan evaluasi perusahaan terhadap strategi pemasaran yang telah dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan di restoran Ayam Pakuan Malang, yang beralamat di Jalan Bendungan Sigura &#x2013; Gura vii Barat No. 44 &#x2013; 46, kota Malang, Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen restoran Ayam Pakuan Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan accidentil sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Data yang digunakan didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif merupakan interprestasi dari data yang diperoleh dalam penelitian dengan memberi keterangan serta penjelasan. Analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan uji t dan uji F, dan analisis koefisien determinasi (R2). Terdapat enam faktor yang terbentuk yaitu promosi, ragam dan kualitas, akses dan parkir, harga bersaing, infrastruktur dan pelayanan serta harga jual. Hasil uji regresi diperoleh Y = 21,427 + 1,047X1 + 0,667X2 + 0,918X3 + 1,469X4 - 0,314X5 + 0,225X6 - 0,607X7 + 0,900X8 + 0,343X9 dimana Y merupakan keputusan pembelian, 21,427 adalah konstanta, X1 adalah promosi, X2 adalah ragam dan kualitas, X3 adalah akses dan parkir, X4 adalah harga bersaing, X5 adalah infrastruktur dan pelayanan,X6 adalah harga jual, X7 adalah jenis kelamin, X8 adalah pembelian perbulan, serta X9 adalah produk yang dibeli . Hasil uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa variabel berpengaruh sebesar 50,6% terhadap keputusan pembelian sedangkan sebesar 49,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa viii variabel yang terbentuk secara simultan atau bersama &#x2013; sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi, akses dan parkir, harga bersaing dan pembelian perbulan berpengaruh sangat signifikan serta variabel ragam dan kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel infrastruktur dan pelayanan, harga jual, jenis kelamin dan produk yang dibeli tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mayoritas konsumen yang berkunjung ke rumah makan ayam pakuan berjenis kelamin perempuan, berusia 20 &#x2013; 35 tahun, bekerja sebagai pelajar/mahasiswa, berpenghasilan &amp;lt; Rp. 1.000.000, produk yang dibeli adalah ayam pakuan goreng (potong) dan membeli &amp;lt; 3 kali dalam satu bulan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa tidak semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk olahan ayam. Diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kegiatan promosi dengan mengadakan acara yang berhubungan dengan produk, membuat materi iklan yang menarik rasa penasaran konsumen serta program &#x2013; program promosi yang dapat menjaring konsumen baru serta mempertahankan konsumen yang lama.</description><date>2017-02-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/138234/1/Jurnal_Muhammad_ridwan_Effendi_135050101111024.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/138234/2/SKRIPSI_muhammad_ridwan_effendi_135050101111024.pdf</identifier><identifier> Effendi, MuhammadRidwan (2017) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ayam Di Rumah Makan Ayam Pakuan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FPT/2017/65/051703119</relation><recordID>138234</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Effendi, MuhammadRidwan
title Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ayam Di Rumah Makan Ayam Pakuan
publishDate 2017
isbn 1350501011110
topic 636 Animal husbandry
url http://repository.ub.ac.id/138234/1/Jurnal_Muhammad_ridwan_Effendi_135050101111024.pdf
http://repository.ub.ac.id/138234/2/SKRIPSI_muhammad_ridwan_effendi_135050101111024.pdf
http://repository.ub.ac.id/138234/
contents Bauran pemasaran merupakan proses sosial yang didalamnya terdapat individu dan kelompok dalam mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan melalui proses menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian serta mengetahui faktor produk, harga, lokasi serta promosi yang dapat mempengaruhi konsumen dalam membeli produk olahan ayam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai informasi mengenai bauran pemasaran yang dapat mempengaruhi konsumen serta sebagai bahan evaluasi perusahaan terhadap strategi pemasaran yang telah dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan di restoran Ayam Pakuan Malang, yang beralamat di Jalan Bendungan Sigura – Gura vii Barat No. 44 – 46, kota Malang, Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen restoran Ayam Pakuan Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan accidentil sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Data yang digunakan didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif merupakan interprestasi dari data yang diperoleh dalam penelitian dengan memberi keterangan serta penjelasan. Analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan uji t dan uji F, dan analisis koefisien determinasi (R2). Terdapat enam faktor yang terbentuk yaitu promosi, ragam dan kualitas, akses dan parkir, harga bersaing, infrastruktur dan pelayanan serta harga jual. Hasil uji regresi diperoleh Y = 21,427 + 1,047X1 + 0,667X2 + 0,918X3 + 1,469X4 - 0,314X5 + 0,225X6 - 0,607X7 + 0,900X8 + 0,343X9 dimana Y merupakan keputusan pembelian, 21,427 adalah konstanta, X1 adalah promosi, X2 adalah ragam dan kualitas, X3 adalah akses dan parkir, X4 adalah harga bersaing, X5 adalah infrastruktur dan pelayanan,X6 adalah harga jual, X7 adalah jenis kelamin, X8 adalah pembelian perbulan, serta X9 adalah produk yang dibeli . Hasil uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa variabel berpengaruh sebesar 50,6% terhadap keputusan pembelian sedangkan sebesar 49,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa viii variabel yang terbentuk secara simultan atau bersama – sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi, akses dan parkir, harga bersaing dan pembelian perbulan berpengaruh sangat signifikan serta variabel ragam dan kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel infrastruktur dan pelayanan, harga jual, jenis kelamin dan produk yang dibeli tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mayoritas konsumen yang berkunjung ke rumah makan ayam pakuan berjenis kelamin perempuan, berusia 20 – 35 tahun, bekerja sebagai pelajar/mahasiswa, berpenghasilan &lt; Rp. 1.000.000, produk yang dibeli adalah ayam pakuan goreng (potong) dan membeli &lt; 3 kali dalam satu bulan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa tidak semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk olahan ayam. Diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kegiatan promosi dengan mengadakan acara yang berhubungan dengan produk, membuat materi iklan yang menarik rasa penasaran konsumen serta program – program promosi yang dapat menjaring konsumen baru serta mempertahankan konsumen yang lama.
id IOS4666.138234
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T04:09:26Z
last_indexed 2021-10-28T07:27:10Z
recordtype dc
_version_ 1751453821052125184
score 17.538404