Tingkat Kepuasan Konsumen Bakso Bakar Di Kota Malang (Studi Kasus Bakso Bakar Pak Man )
Main Author: | Zakaria, NufikhoRuhiAbi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/138228/1/A5.pdf http://repository.ub.ac.id/138228/ |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus sampai 22 Agustus 2016, di Bakso Bakar Pak Man yang berlokasi di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap bakso bakar Pak Man kota malang, kaitannya dengan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, dengan pemilihan responden yang ditentukan melalui metode non probability sampling. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk Bakso Bakar Pak Man yang berjumlah 100 orang. Data penelitian dianalisis secara deskriptif sekaligus secara statistik menggunakan analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh hasil bahwa Kualitas produk (X1) menunjukkan nilai thitung (4,895) lebih besar daripada t tabel (1,98) berarti berpengaruh sangat signifikan (ρ-value 0,000) terhadap kepuasan konsumen bakso bakar Pak Man Kota Malang. Variabel harga (X2) menunjukkan nilai thitung (2,782) lebih besar dari ttabel (1,98) yang berarti berpengaruh signifikan (ρ-value 0,007) terhadap kepuasan konsumen bakso bakar Pak Man Kota Malang. Variabel nama baik perusahaan (X3) menunjukkan nilai thitung (6,906) lebih besar daripada ttabel (1,98) yang berarti berpengaruh cukup signifikan (ρ-value 0,000) terhadap vii kepuasan konsumen bakso bakar Pak Man Kota Malang. Variabel tempat dan pelayanan (X4) menunjukkan nilai thitung (3,793) lebih besar t tabel (1,98) yang berarti berpengaruh signifkan (ρ-value 0.000) terhadap kepuasan konsumen bakso bakar Pak Man Kota Malang. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain, bahwa karakteristik konsumen di Bakso Bakar Pak Man adalah perempuan yang berusia < 20 tahun yang berstatus pelajar atau mahasiswa dengan pendapatan < Rp 2.000.000. Strategi kepuasan konsumen yang dilakukan oleh Bakso Bakar Pak Man berdasar pada prioritas kualitas produk, harga, nama baik perusahaan, serta tempat dan pelayanan. Variabel yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen adalah nama baik perusahaan (X3) dengan nilai koefisien standardized β sebesar 0,422. Disarankan bagi pihak Bakso Bakar Pak Man untuk membentuk bagian yang bertugas untuk mempromosikan sehingga konsumen yang datang lebih banyak. Selain itu, perlu dipisah antara pegawai yang melayani konsumen, dengan pegawai yang melayani pembayaran untuk menghindari sesuatu yang tidak diingkan oleh pemilik.