Analisis Pengalaman Pengguna Pada Website E-commerce dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (STUDI PADA LAZADA.CO.ID, BLIBLI.COM DAN JD.ID)

Main Author: Adinegoro, Ahmad Luthfi Teguh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13817/1/Ahmad%20Luthfi%20Teguh%20Adinegoro.pdf
http://repository.ub.ac.id/13817/
Daftar Isi:
  • Pada saat ini perkembangan teknologi informasi sudah berkembang dengan pesat dan memberi pengaruh kepada kehidupan manusia. Proses jual-beli tidak luput dari pengaruh perkembangan teknologi, banyak pelaku bisnis yang menggunakan bantuan teknologi internet untuk melakukan proses jual-beli dan juga promosi kepada produk yang mereka jual. Banyaknya e-commerce yang terdapat diindonesia membuat persaingan bisnis berpindah menuju secara online. Dengan persaingan pengembang e-commerce yang ikut meningkat, terdapat beberapa e-commerce yang telah memiliki nama atau sudah di kenal dan sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia, tiga website e-commerce yang memiliki jumlah pengunjung yang cukup tinggi ialah Lazada.co.id, Blibli.com dan JD.id. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tiga website e-commerce yang memiliki karateristik dan proses bisnis yang sama dalam sisi kegunaan dan pengalaman pengguna, yang menggunakan media website Lazada.co.id, Blibli.com dan JD.id. Pada penelitian ini terdapat 2 metode analisis yang digunakan, yaitu pertama analisis secara objektif dengan menggunakan pengujian secara langsung kepada responden dalam penggunaan website menggunakan tugas skenario dengan parameter task success rate, time per completed task, number of clicks during task completion dan error during task performance, yang diberikan kepada 10 responden dan Kuesioner UEQ yang memiliki 6 skala yaitu: attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty, yang diberikan kepada 20 responden. Responden memiliki latarbelakang yang berbeda-beda dengan rentang usia 16-65 tahun yang belum pernah menggunakan ketiga website yang diujikan. Kedua, analisis secara subjektif yang menggunakan focus group discussion untuk presepsi dan permasalahan pengguna yang lebih detail. Hasil analisis menunjukan bahwa pada penelitian secara objektif memperlihatkan nilai keberhasilan yang cukup tinggi yang diberikan responden walaupun baru pertama kali dalam menggunakan website tersebut. Dari kedua pengujian yang dijalankan dapat diketahui bahwa website Blibli.com lebih baik dibandingkan Lazada.co.id dan JD.id.