Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Bakso Bakar Pak Man Kota Malang
Main Author: | NurSyoalehat, Qauman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/138076/1/BAB_I_-_V.pdf http://repository.ub.ac.id/138076/2/cover.pdf http://repository.ub.ac.id/138076/3/RINGKASAN.pdf http://repository.ub.ac.id/138076/4/Jurnal_Qauman_Nur_S._125050101111035_Pengaruh_Citra_Merek_%28Brand_Image%29_terhadap_Loyalitas_Konsumen_Bakso_Bakso_Bakar_Pak_Man_Kota_Malang.pdf http://repository.ub.ac.id/138076/ |
Daftar Isi:
- Loyalitas konsumen merupakan hal yang penting untuk dilakukan suatu perusahaan untuk mengatasi persaingan yang ketat di dunia usaha sekarang ini. Salah satu jalan untuk meraih keunggulan kompetisi dalam mempertahankan loyalitas konsumen adalah dengan membentuk citra merek yang baik di mata konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di Bakso Bakar Pak Man di Kota Malang pada tanggal 7 Maret sampai 5 April 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek yang terdiri dari citra perusahaan (corporate image), citra pemakai (user image), dan citra produk (product image) terhadap tingkat loyalitas konsumen produk Bakso Bakar Pak Man di Kota Malang dan mengetahui dimensi yang dominan dari citra merek yang mempengaruhi tingkat loyalitas konsumen produk Bakso Bakar Pak Man di Kota Malang. Penentuan responden penelitian dilakukan dengan accidental sampling. Metode yang digunakan adalah survei dengan menggunakankuesioner yang terstruktur. Responden yang dijadikan sampel pada penelitian ini adalah konsumen bakso bakar Pak Man yang berjumlah 100 orang. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang dominan yaituperempuan, mahasiswa dengan usia 17-22 tahun, yang berdomisili di Kota Malang dan memiliki pendapatan> Rp. 1.500.000. per bulan. Sumber informasi yang mempengaruhi konsumen membeli adalah keluarga, teman dan kenalan. Koefisien regresi (B) X1(Citra Perusahaan) sebesar 0,313,koefisien regresi (B) X2(Citra Pemakai) sebesar 0,364, koefisien regresi (B) X3(Citra Produk) sebesar 0,243, sehingga citra merek yang terdiri dari citra perusahaan, citra pemakai dan citra produk tersebut secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen Bakso Bakar Pak Man. Kesimpulan pada penelitian yaitu Bakso Bakar Pak Man harus meningkatkan kualitas pelayanan dan desain atau varian produk sehingga akan terus menarik konsumen dan lebih dikenal oleh media lainnya. Kinerja karyawan, kualitas produknya dan fasilitas harus lebih ditingkatkan agar nama besar Bakso Bakar Pak Man terus dikenal positif oleh masyarakat.