Daftar Isi:
  • Era globalisasi ini, usaha di bidang pasar modern telah mulai berkembang di masyarakat. Berbelanja di pasar modern diharapkan dapat memberi rasa nyaman bagi konsumen. Perilaku konsumen adalah tindakan langsung dari konsumen untuk mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan barang dan jasa. Seiring dengan semakin modernnya perkembangan jaman, menyebabkan perusahaan menawarkan berbagai macam varian produk dari perusahaan tersebut. Salah satu produk yang diproduksi oleh beberapa perusahaan yaitu produk chicken nugget. Situasi yang telah digambarkan diatas menggambarkan beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen untuk memilih suatu barang/jasa. Penelitian ini berfungsi vuntuk memperoleh informasi tentang perilaku konsumen dalam memilih sebuah produk di wilayah Kota Malang yang diwakili dengan Hypermart dan Giant, sehingga judul dalam penelitian ini adalah “PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN CHICKEN NUGGET DI KOTA MALANG”. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan pada bulan Mei di Giant Hypermarket MOG Jalan Kawi dan Hypermart MATOS Jalan Veteran yang terletak di Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumen dalam pembelian chicken nuggetdi Kota Malang dan untuk mengetahui faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian produk chicken nugget di Kota Malang. Hasil Penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai informasi untuk lebih mengetahui tentang perilaku konsumen dalam memilih produk makanan khususnya produk chicken nugget. Metode penelitian yang digunakan adalah survey terhadap konsumen Hypermart MATOS dan Giant MOG. Pengambilan dan menggunakan kuesioner sebagai alat bantu dalam pengambilan dataprimer, dengan jumlah sample 100 responden, dan untuk masing-masing tempat dipilih 50 responden secara acak. Variabel yang diteliti dalam penelitian adalah variabel lingkungan, variabel promosi, variabel tempat, variabel harga dan variabel produk. Data dianalisis dengan uji instrument (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis faktor, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis (uji f dan uji t). Dari 100 responden memiliki karakteristik yaitu mayoritas berumur 40-49 tahun, berjenis kelamin wanita, tingkat pendidikan terakhir S1, pekerjaan mayoritas swasta, dan penghasilan mayoritas di atas Rp 2.000.000,-. Uji validitas menyatakan dari lima faktor yang di uji, semua indikator dari tiap variabel dinyatakan valid. Uji reliabilitas dilakukan setelah melewati uji validitas dan di uji reliabilitas, menyatakan bahwa semua variabel dinyatakan reliable. Analisis faktor dilakukan setelah uji reliabilitas, dilakukan untuk mereduksi data. Hasil dari regresi linier berganda di Kota Malang yaitu variabel “lingkungan sosial konsumen chicken nugget”, “bentuk promosi, tempat penjualan, dan komposisi chicken nugget”, “harga dan merk chicken nugget”, “promosi dan produk chicken nugget”, jenis kelamin dan pekerjaan berpengaruh positif terhadap variabel terikat yakni keputusan pembelian produk chicken nugget di Kota Malang. Perilaku konsumen yang dominan dalam keputusan pembelian produk chicken nugget di Kota Malang adalah variabel “promosi dan produk chicken nugget” sebesar 0,975. Dapat disimpulkan bahwa konsumen chicken nugget di Kota Malang selalu sama dalam pemilihan merek dan jumlah chicken nugget, tetapi waktunya disesuaikan dengan kebutuhan konsumen tersebut. Faktor “lingkungan sosial konsumen chicken nugget”, “bentuk promosi, tempat penjualan, dan komposisi chicken nugget”, “harga dan merk chicken nugget”, “promosi dan produk chicken nugget”, jenis kelamin dan pekerjaan dapat meningkatkan pembelian chicken nugget di Kota Malang. Saran yang dapat diberikan pada perusahaan seperti Giant Hypermarket dan Hypermart lebih memperhatikan hal- hal yang mempengaruhi konsumen dalam memilih produk, khususnya chicken nugget. Sebaiknya memperbanyak kemasan 500 gram, karena konsumen lebih menyukai kemasan 500 gram.