Pengembangan Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Untuk Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan Berbasis Android

Main Author: Mahdias, Hammer Zoelfagar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13712/1/Hammer%20Zoelfagar%20Mahdias.pdf
http://repository.ub.ac.id/13712/
Daftar Isi:
  • satunya memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam menyampaikan pendapat maupun keluhan yang dialami. Selama ini penanganan keluhan masyarakat di Dispendukcapil Kota Pasuruan masih menerapkan secara manual yang banyak memakan waktu, tenaga dan biaya karena masyarakat Kota Pasuruan diharuskan mendatangi Dispendukcapil Kota Pasuruan dalam menyampaikan keluhannya, sedangkan pengelolaan pengaduan oleh Petugas Administrasi di Dispendukcapil Kota Pasuruan harus mencatatat setiap aduan kemudian dibuatkan laporan pengaduan yang dapat terjadinya Human Error karena kelalaiannya dapat menyebabkan pengaduan tersebut tidak dapat diproses. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat berbasis Android agar dalam menyampaikan keluhan tanpa harus datang ke Dispendukcapil Kota Pasuruan, maupun disediakannya sistem informasi pengelolaan pengaduan untuk Petugas Administrasi. Pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall model dimana sistem diuji menggunakan metode Validation Testing dan User Acceptance Testing. Dari hasil penelitian ini menghasilkan analisis kebutuhan, rancangan, implementasi dan pengujian sistem. Hasil pengujian pada sistem ini menunjukkan bahwa sistem berjalan sesuai dengan harapan dan mampu mempermudah laporan pengaduan bagi Masyarakat Kota Pasuruan ataupun pengelolaan pengaduan bagi Petugas Administrasi.