Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Dancow Balita 3+ Di Giant Mog Malang

Main Author: Rahmadiani, MariskaNadya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/136980/1/Binder1.pdf
http://repository.ub.ac.id/136980/
ctrlnum 136980
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/136980/</relation><title>Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Dancow Balita 3+ Di Giant Mog Malang</title><creator>Rahmadiani, MariskaNadya</creator><subject>636 Animal husbandry</subject><description>Sektor perindustrian telah memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian nasional. Pada struktur produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2001-2004, kontribusi sektor industri pengolahan merupakan yang terbesar daripada sektor lainnya, sehingga industri ini dapat dijadikan harapan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Mulai tahun 2001 sampai denga tahun 2004, produk domestik bruto pada sektor industri pengolahan terus meningkat tiap tahunnya. Dancow 3+ merupakan produk susu yang banyak diminati oleh konsumen di Malang, sehingga seperti kelompok acuan (teman, tetangga, keluarga, relasi atau rekan kerja, dan promosi iklan) mereka sudah memakai produk Dancow balita 3+, dan mereka loyal atau setia pada produk Dancow balita 3+, karena kandungan nutrisi dalam susu Dancow 3+ lengkap, rasa yang disukai oleh anak-anak, dan lain sebagainya. Dan yang kedua bisa jadi karena faktor motivasi atau faktor dorongan kebutuhan konsumen di Malang, dimana Malang merupakan daerah perkotaan dan padat penduduk sehingga dibutuhkan asupan nutrisi kemudian mengkonsumsi susu Dancow tersebut. Dan yang ketiga adalah bisa jadi karena keadaan ekonomi konsumen Malang dalam taraf normal terkait dengan pendapatan, tabungan dan kekayaan mereka, terkait dengan harga susu Dancow 3+ dipasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah kelompok acuan, keadaan ekonomi, dan motivasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang terhadap pembelian susu Dancow balita umur 3+ dan mengetahui apakah kelompok acuan, keadaan ekonomi, dan motivasi berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang terhadap pengambilan keputusan susu Dancow balita 3+. Penelitian dilaksanakan di Giant MOG Malang pada tanggal 29 Juli sampai 04 Agustus 2013. Keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk sangat dipengaruhi oleh dua kekuatan tertentu yaitu; kekuatan internal dan kekuatan eksternal. Adapun indikator dalam kekuatan internal adalah indikator Keadaan ekonomi, indikator motivasi dan kekuatan eksternal adalah indikator kelompok acuan. Indikator-indikator tersebut memiliki dimensi yang luas artinya tiap indikator mempunyai pengaruh yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari indikator keadaan ekonomi, motivasi, dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang, baik secara simultan ataupun parsial, serta untuk mengetahui indikator yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Explanatory Research, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan, keadaan ekonomi, dan motivasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk menguji sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling Technique karena jumlah populasi belum diketahui secara pasti. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kelompok acuan (X1) keadaan ekonomi (X2) dan indikator motivasi (X3) berpengaruh secara simultan dan secara parsial yaitu motivasi terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di Giant MOG Malang. Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung sebesar 18,494&#x2265; F tabel sebesar 2,70 dengan nilai signifikasi p = 0,000 &#x2264; 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang diketahui 0,346 atau sebesar 34,6%. Dan dari hasil uji t diketahui bahwa secara parsial, indikator kelompok acuan (X1) nilai t hitung 2.669 &#x2265; nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,009 &#x2265; 0,05 tidak berpengaruh signifikan, indikator keadaan ekonomi (X2), nilai t hitung -25,38 &#x2264; nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,013 &#x2265; 0,05 tidak berpengaruh signifikan, indikator motivasi (X3), nilai t hitung 5,061 &#x2265; nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,000 &#x2264; 0,05 berpengaruh signifikan. Untuk indikator yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) adalah indicator motivasi (X3) yaitu memiliki nilai rata-rata sebesar 0,431 dengan kontribusi 43,1%. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa keputusan pembelian produk susu &#x201C; Dancow Balita 3+ &#x201C; dipengaruhi secara positif oleh&#x201D; Persepsi Konsumen terhadap produk &#x201C; dan &#x201C; index promosi &#x201C;. Sedangkan &#x201C; index ekonomi &#x201C; berpengaruh negative terhadap keputusan pembelian susu &#x201C; Dancow 3+. Melihat rendahnya nilai rata-rata dan kontribusi dari indikator harus lebih meningkatkan lagi segala hal yang berkaitan dengan item indikator, serta Untuk selalu melakukan inovasi dalam penjualan produk susu Dancow balita 3+di Giant hypemarket MOG Malang terkait dengan keputusan pembelian konsumen terhadap produk susu Dancow yang dijual, agar menarik perhatian konsumen yang pada akhirnya akan mempengaruhi konsumen pembelian produk susu Dancow 3+.</description><date>2014-03-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/136980/1/Binder1.pdf</identifier><identifier> Rahmadiani, MariskaNadya (2014) Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Dancow Balita 3+ Di Giant Mog Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FPT/2013/209/051402217</relation><recordID>136980</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rahmadiani, MariskaNadya
title Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Dancow Balita 3+ Di Giant Mog Malang
publishDate 2014
topic 636 Animal husbandry
url http://repository.ub.ac.id/136980/1/Binder1.pdf
http://repository.ub.ac.id/136980/
contents Sektor perindustrian telah memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian nasional. Pada struktur produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2001-2004, kontribusi sektor industri pengolahan merupakan yang terbesar daripada sektor lainnya, sehingga industri ini dapat dijadikan harapan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Mulai tahun 2001 sampai denga tahun 2004, produk domestik bruto pada sektor industri pengolahan terus meningkat tiap tahunnya. Dancow 3+ merupakan produk susu yang banyak diminati oleh konsumen di Malang, sehingga seperti kelompok acuan (teman, tetangga, keluarga, relasi atau rekan kerja, dan promosi iklan) mereka sudah memakai produk Dancow balita 3+, dan mereka loyal atau setia pada produk Dancow balita 3+, karena kandungan nutrisi dalam susu Dancow 3+ lengkap, rasa yang disukai oleh anak-anak, dan lain sebagainya. Dan yang kedua bisa jadi karena faktor motivasi atau faktor dorongan kebutuhan konsumen di Malang, dimana Malang merupakan daerah perkotaan dan padat penduduk sehingga dibutuhkan asupan nutrisi kemudian mengkonsumsi susu Dancow tersebut. Dan yang ketiga adalah bisa jadi karena keadaan ekonomi konsumen Malang dalam taraf normal terkait dengan pendapatan, tabungan dan kekayaan mereka, terkait dengan harga susu Dancow 3+ dipasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah kelompok acuan, keadaan ekonomi, dan motivasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang terhadap pembelian susu Dancow balita umur 3+ dan mengetahui apakah kelompok acuan, keadaan ekonomi, dan motivasi berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang terhadap pengambilan keputusan susu Dancow balita 3+. Penelitian dilaksanakan di Giant MOG Malang pada tanggal 29 Juli sampai 04 Agustus 2013. Keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk sangat dipengaruhi oleh dua kekuatan tertentu yaitu; kekuatan internal dan kekuatan eksternal. Adapun indikator dalam kekuatan internal adalah indikator Keadaan ekonomi, indikator motivasi dan kekuatan eksternal adalah indikator kelompok acuan. Indikator-indikator tersebut memiliki dimensi yang luas artinya tiap indikator mempunyai pengaruh yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari indikator keadaan ekonomi, motivasi, dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang, baik secara simultan ataupun parsial, serta untuk mengetahui indikator yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Explanatory Research, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan, keadaan ekonomi, dan motivasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk menguji sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling Technique karena jumlah populasi belum diketahui secara pasti. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kelompok acuan (X1) keadaan ekonomi (X2) dan indikator motivasi (X3) berpengaruh secara simultan dan secara parsial yaitu motivasi terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di Giant MOG Malang. Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung sebesar 18,494≥ F tabel sebesar 2,70 dengan nilai signifikasi p = 0,000 ≤ 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang diketahui 0,346 atau sebesar 34,6%. Dan dari hasil uji t diketahui bahwa secara parsial, indikator kelompok acuan (X1) nilai t hitung 2.669 ≥ nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,009 ≥ 0,05 tidak berpengaruh signifikan, indikator keadaan ekonomi (X2), nilai t hitung -25,38 ≤ nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,013 ≥ 0,05 tidak berpengaruh signifikan, indikator motivasi (X3), nilai t hitung 5,061 ≥ nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,000 ≤ 0,05 berpengaruh signifikan. Untuk indikator yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) adalah indicator motivasi (X3) yaitu memiliki nilai rata-rata sebesar 0,431 dengan kontribusi 43,1%. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa keputusan pembelian produk susu “ Dancow Balita 3+ “ dipengaruhi secara positif oleh” Persepsi Konsumen terhadap produk “ dan “ index promosi “. Sedangkan “ index ekonomi “ berpengaruh negative terhadap keputusan pembelian susu “ Dancow 3+. Melihat rendahnya nilai rata-rata dan kontribusi dari indikator harus lebih meningkatkan lagi segala hal yang berkaitan dengan item indikator, serta Untuk selalu melakukan inovasi dalam penjualan produk susu Dancow balita 3+di Giant hypemarket MOG Malang terkait dengan keputusan pembelian konsumen terhadap produk susu Dancow yang dijual, agar menarik perhatian konsumen yang pada akhirnya akan mempengaruhi konsumen pembelian produk susu Dancow 3+.
id IOS4666.136980
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T04:08:16Z
last_indexed 2021-10-28T07:26:04Z
recordtype dc
_version_ 1751455920085270528
score 17.538404