Evaluasi Sumber Daya Teknologi Informasi Pada Pusat Data dan Sarana Informatika Kementrian Komunikasi Republik Indonesia Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 Sub Domain EDM 04, APO 07, dan DSS 02
Main Author: | George, Rafael |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/13687/1/Rafael%20George.pdf http://repository.ub.ac.id/13687/ |
Daftar Isi:
- Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bertugas untuk menyelenggarakan pemerintahan dalam bidang Komunikasi dan Informatika. Keberadaan teknologi informasi menjadi kunci utama keberhasilan Kementrian Kominfo dalam menjalankan tugasnya. Pengelolaan teknologi informasi secara memadai akan memberikan manfaat yang optimal bagi organisasi. Dalam melaksanakan kegiatan operasional internal Kementrian Kominfo, pengelolaan teknologi informasi menjadi tanggung jawab dari satuan kerja Pusat Data dan Sarana Informatika. Dengan tanggung jawab yang dimiliki Pusat Data dan Sarana Informatika maka diperlukan pengelolaan sumber daya teknologi informasi yang optimal untuk mendukung berjalannya kegiatan bisnis. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan beberapa kendala dalam pengelolaan sumber daya teknologi informasi yang dimiliki. Kendala ini tentunya membutuhkan solusi agar fungsi dari sumber daya teknologi informasi Pusat Data dan Sarana Informatika menjadi maksimal dan dapat sejalan dengan visi dan misi Kementrian Kominfo. Untuk mengetahui kendala secara lebih spesifik dan memberikan rekomendasi yang bermanfaat berupa tindakan-tindakan yang perlu dilakukan maka dibutuhkan evaluasi tingkat kapabilitas sumber daya teknologi informasi menggunakan kerangka kerja COBIT 5. Sub domain yang digunakan pada COBIT 5 dalam melakukan evaluasi sumber daya teknologi informasi pada Pusat Data dan Sarana Informatika adalah EDM04 Ensure Resource Optimation, APO07 Manage Human Resource, dan DSS02 Manage Service Request and Incident. Dari hasil evaluasi tingkat kapabilitas sumber daya teknologi informasi yang dilakukan untuk sub domain EDM04 dan APO07 berada pada level 3 dan level target yang diharapkan adalah 4, sub domain DSS02 berada pada level 2 dan level target yang diharapkan adalah 1 dengan nilai kesenjangan untuk ketiga sub domain adalah 1. Agar organisasi dapat mencapai level target yang diharapkan, maka rekomendasi yang diberikan berfokus pada pengendalian setiap prosedur, mendefinisikan struktur organisasi, serta pembuatan dokumen sistematik dalam permohonan layanan dan penanganan insiden.