Pengukuran Maturitas Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Universitas Kanjuruhan Malang Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 Domain Plan and Organise dan Acquire and Implement

Main Author: Pangaribuan, Simson Hasian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13684/1/Simson%20Hasian%20Pangaribuan.pdf
http://repository.ub.ac.id/13684/
Daftar Isi:
  • Universitas Kanjuruhan Malang merupakan salah satu instansi penyelenggara pendidikan yang menggunakan teknologi informasi (TI) sebagai media pendukung proses bisnis. Terdapat bidang Manajemen Sistem Informasi yang menangani pemenuhan kebutuhan TI pada Universitas Kanjuruhan Malang. Tata kelola TI merupakan serangkaian kegiatan yang dibutuhkan instansi untuk memastikan penggunaan dan implementasi TI berjalan sesuai dengan rencana strategis TI yang telah dibuat. Berdasarkan wawancara, Universitas Kanjuruhan Malang memiliki beberapa kekurangan dalam mengelola TI seperti tidak adanya prosedur standar dalam menjalankan strategi TI yang telah dibuat serta pengelolaan rencana anggaran dalam meningkatkan teknologi informasi masih belum berjalan maksimal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kematangan tata kelola TI di Universitas Kanjuruhan Malang menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 yang berfokus pada domain Plan and Organise (PO) dan Acquire and Implement (AI). Dari hasil penelitian ini, didapati bahwa nilai rata-rata maturity level untuk masing-masing domain PO dan AI adalah sebesar 1,8 dan 1,0. Perlu adanya peningkatan terhadap nilai maturity level untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari kesalahan implementasi TI dan pengambilan keputusan terkait TI. Maka diberikan rekomendasi yang dapat diterapkan pada Universitas Kanjuruhan Malang untuk meningkatkan nilai maturity level. Beberapa rekomendasi yang dihasilkan adalah menyusun ulang rencana strategis dan dituangkan pada IT master plan, membuat dokumentasi mengenai kebijakan dan prosedur seluruh proses operasional TI yang tercantum dalam rencana strategis TI, membuat prosedur standar pengelolaan kualitas layanan TI, serta mendefinisikan dengan jelas pembagian tanggung jawab dan kebutuhan personel pada struktur organisasi.