Implementasi Dynamic Difficulty Adjustment Pada Racing Game Menggunakan Metode Fuzzy
Main Author: | Saputra, Reza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/13644/1/Reza%20Saputra.pdf http://repository.ub.ac.id/13644/ |
Daftar Isi:
- Pada beberapa racing game terdapat fitur untuk memainkan permainan secara kompetitif baik melawan pemain lain atau melawan Kecerdasan Buatan (KB) atau yang biasa disebut bot. Dalam penerapannya, sering terjadi perbedaan kemampuan yang jauh antara pemain dengan bot. Hal ini menyebabkan adanya rasa bosan jika kemampuan pemain jauh lebih baik dibandingkan dengan bot, dan akan menimbulkan rasa kegelisahan jika kemampuan pemain jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan kemampuan bot. Dalam beberapa racing game terdapat pilihan untuk memilih tingkat kesulitan sebelum bermain, namun fitur ini dirasa masih kurang dapat mengimbangkan kemampuan pemain dengan bot karena seiring berjalannya waktu kemampuan pemain dapat meningkat, dan pemain baru juga cenderung tidak mengetahui tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuannya. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti akan menerapkan Dynamic Difficulty Adjustment (DDA) menggunakan metode Fuzzy yang mampu menyesuaikan kemampuan bot dengan kemampuan pemain seiring berjalannya waktu. Pengujian DDA dilakukan dengan menguji kemampuan pemain dengan bot DDA. Hasil pengujian menunjukkan bahwa bot DDA mampu menyesuaikan perilakunya dengan kemampuan yang dimiliki oleh pemain Hasil pengujian menunjukkan bahwa bot DDA mampu menyesuaikan perilakunya dengan kemampuan yang dimiliki oleh pemain, yang mana pada pengujian untuk penguji handal diperoleh nilai rata-rata selisih jarak tempuhnya 2,35 meter, sedangkan untuk penguji pemula diperoleh nilai rata-ratanya adalah 4,49 meter.