Analisis profitabilitas Usaha Peternakan Sapi Perah pada Perusahaan Susu Karunia Desa Djong Biru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri

Main Author: AriantiBudiapsari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/136098/1/050701835.pdf
http://repository.ub.ac.id/136098/
Daftar Isi:
  • Perusahaan susu Karunia merupakan bentuk perusahaan peternakan sapi perah yang memelihara ternak secara komersial. Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah untukl mengetahui tingkat efi9siensi perusahaan. Penelitian tentang analisis profitabilitas usaha peternakan apiperah dilaksanakan di perusahaan susu sapi Karunia desa Djong Biru kecamatan Gampengrejo kabupaten Kediri pada tanggal 19 Februari sampai tanggal 18 Maret 2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk menegtahui efisiensi usaha perusahaan Karunia dari rasio profitabitabilitas dan dari R/C ratio. Kegunaan penelitian ini antara lain adalah untuk memberi masukan kepada perusahaan susu Karunia sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui efisiensi usaha ternak yang telah diusahakan dan sebagai pertimbangan dalam pengembangan usaha. Materi yang digunakan adalah perusahaan susu sapi Karunia di desa Djong Biru kecamatan Gampengrejo kabupaten Kediri. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan deskriptif dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Materi penelitian adalah perusahaan susu sapi Karunia di desa Djong Biru kecamatan Gampengrejo kabupaten Kediri. Analisa data yang digunakan yaitu analisa deskriptif yang menganalisa dengan menggambarkan objek penelitian dan analisa ekonomi (kuantitatif) yaitu dengan melakukan perhitungan profitabilitas Total Assets Turnover (TAT), Return on Equity (ROE), Return on Investment (ROI), Net Profit Margin (NPM), Gross Profit Margin (GPM) dan Operating profit Margin (OPM) dan efisiensi usaha (R/C Ratio). Hasil penelitian di perusahaan Karunia menunjukkan bahwa profitabilitas dapat digunakan untuk mengukur kemampuan suatu usaha dalam menghasilkan keuntungan dan mengetahui efisiensi usaha dari perusahaan tersebut. Nilai rata – rata rasio profitabilitas dari tahun 2004 sampai tahun 2006 yaitu TAT sebesar 0,91 kali, ROE sebesar 20,20 %, ROI sebesar 20,8 %, NPM sebesar 22,25 %, GPM sebesar 42,89 %, OPM sebesr 41,42 %. Sedangkan nilai rasio R/C perusahaan karunia tahun 2004 sebesar 1,27 , tahun 2005 sebesar 1,32 dan tahun 2006 sebesar 1,40.