Implementasi Low Power Pada Sistem Notifikasi Untuk Gamer Yang Bermain Intense Berbasis Embedded System

Main Author: Putra, Irfan Pratomo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13606/1/Irfan%20Pratomo%20Putra.pdf
http://repository.ub.ac.id/13606/
Daftar Isi:
  • Dewasa ini game telah banyak diminati oleh setiap kalangan dari setiap generasi. Khususnya di Indonesia, jumlah pemain game sendiri telah mencapai angka 43.7 juta dan 26% di antaranya adalah gamer usia 21-35 tahun yang menghabiskan banyak waktu untuk bermain game daripada melakukan aktifitas lain. Jika mereka bermain terlalu lama ini akan berbahaya bagi kesehatan mereka terutama kesehatan mata mereka dan bisa menimbulkan kecacatan mata salah satunya adalah cacat rabun jauh. Tidak hanya mata, jika mereka bermain pada ruangan yang kurang pencahayaan, kepala akan terasa pusing. Dengan menggunakan sistem untuk memberikan notifikasi kepada gamer yang bermain secara tidak sehat, diharapkan mereka dapat bermain di tempat yang cukup pencahayaan, bermain dalam jarak yang aman dari monitor dan mencegah mereka bermain terlalu lama. Dikarenakan sistem ini akan bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama, maka digunakanlah metode lowpower untuk mengurangi beban penggunaan sumber daya dari powerbank. Kinerja lowpower diperlukan agar sistem dapat bertahan lebih lama karena daya yang digunakan relatif rendah ketika sistem sedang tidak digunakan. Fitur dari lowpower itu sendiri salah satunya adalah sleep mode powerdown yang mematikan beberapa fungsionalitas ATmega328P. Pengujian arus yang dilakukan menghasilkan, bahwa arus yang digunakan pada sistem berjalan normal adalah 169,9 mA sedangkan ketika sistem dalam keadaan sleep hanya memiliki arus sebesar 3,8 mA. Selain itu terdapat pengujian waktu yang dibutuhkan sistem untuk wake dari keadaan sleep, waktu yang dibutuhkan sebesar 22,2 milisekon.