Efisiensi pendistribusian produk susu segar pada Perusahaan Susu Anugerah Kecamatan Kota Pemkot Kediri

Main Author: Kusuma, AdityaMahendra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/135984/1/Copy_of_Efisiensi_Pendistribusian_Produk_Susu_Segar.pdf
http://repository.ub.ac.id/135984/
Daftar Isi:
  • Peternakan sebagai salah satu sub sektor pertanian mempunyai peran yang cukup besar dan tidak boleh dipandang sebelah mata. Peternakan mencakup beberapa sub bidang atau spesialisasi dengan ternak atau komoditi yang bervariasi, antara lain mencakup ternak Besar (ternak ruminansia) dan ternak kecil (non ruminansia) maupun aneka ternak. Permasalahan dalam penelitian meliputi : Bagaimana saluran pendistribusia, margin pemasaran, tingkat efisiensi pemasaran dan efisiensi jalur pemasaran produk susu segar di perusahaan “Susu Sapi anugrah”. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui saluran pemasaran produk susu segar, tingkat efisiensi pemasaran dan kinerja jalur pemasaran pada perusahaan”Susu Sapi Anugrah”. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan informasi untuk mengadakan penelitian mengenai pemasaran sususegar, bahan pertimbangan untuk menetapkan keputusan yang diambil oleh Perusahaan dan bahan informasi untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Kegiatan penelitian dilaksanakan di perusahaan “Susu Sapi Anugrah”. Egiatan penelitian berlangsung mulai tanggal 1 Februari sampai 29 Februari 2006. Cara pengambilan sample dengan menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sample secara sengaja dengan kepentingan penelitian. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa jalur pemasaran pada perusahaan ‘’ Susu Sapi Anugrah” terdiri dari : a. Produsen ------- konsumen b. Produsen -------- loper ------ konsumen c. Produsen -------- konsumen antara ------- konsumen d. Produsen --------- KUD ------ Nestle Margin pemasaran yang terbentuk dari saluran pemasaran ke II (loper) sebesar Rp. 750,00 dengan presentase margin biaya pemasaran sebesar 27,51 persen dan distribusi margin untuk keuntungan pemasaran sebesar 72,49 persen. Margin pada saluran pemasaran ke III sebesar Rp. 1.4000,00 dengan presentase margin biaya pemasaran sebesar 46,54 persen dan distribusi margin untuk keuntungan pemasaran sebesar 53,46 persen. Margin yang terbentuk dari lembaga pemasaran IV (KUD) yaitu sebesar Rp. 450,00 dengan presentase margin biaya pemasaran sebesar 96,19 persen dan distribusi margin untuk keuntungan pemasaran sebesar 3,81 persen. Share harga yang diterima produsen pada saluran pemasaran II sebesar 81,25 persen. Saluran pemasara III sebesar 72 persen. Sedangkan pada saluran pemasaran IV sebesar 80 persen. Share keuntungan per share biaya yang terbesar terjadi pada saluran pemasaran II yaitu 2,64, saluran III sebesar 1,15. Nilai efisiensi pemasaran melalui pendekatan total biaya pemasaran per nilai produk yang dipasarkan untuk saluran I sebesar 0,59, saluran II sebesar 0,28, saluran III sebesar 0,47 dan saluran IV sebesar 0,96,. Berdasarkan analisis kinerja jalur peasaran susu segar, dapat didapatkan hasil bahwa : Analisis struktur pasar, pemasaran susu segar perusahaan anugrah tidak efisien, analisis perilaku pasar efisien dan analisis penampilan pasar efisien. Kesimpulan yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian adalah analisa analisis margin pemasaran menunjukkan bahwa saluran I dan II efisian, sedangkan untuk saluran IV jika dilihat dari pendekatan margin pemasaran tergolong tidak efisien. Nilai share harga yang diterima produsen pada keempat saluran pemasaran diatas 70 persen, hal ini menunjukkan bahwa keempat saluran pemasaran tersebut efisien share keuntungan dan share biaya menunjukkan bahwa saluran I dan II efisien, sedangkan untuk saluran IV. Hasil pendekatan total biaya pemasaran per nilai produk yang dipasarkan menunjukkan bahwa keempat saluran pemasaran tersebut efisien. Berdasarkan analisis kinerja jalur pemasaran Analisis struktur pasar, pemasaran susu segar perusahaan anugrah tidak efisien. Analisis perilaku pasar, pemasaran efisien dan analisis penampilan pasar efisien. Saran untuk memperluas pemasaran susu segar, hendaknya pihak perusahaan perlu melakukan promosi yang lebih baik, tidak hanya didalam kota saja tetapi juga luar kota dan perusahaan memperbanyak penjualan pada saluran II dan III, karena kedua saluran ini merupakan saluran yang paling efisien dalam pemasaran susu segar.