Teacher’s Perception on Speaking Activities of English Textbook When English Rings a Bell for the 1st Year Students of SMPN 1 Kertosono

Main Author: Fitriani, Ajeng Sukma Mawarni Dyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1359/1/Ajeng%20Sukma%20Mawarni%20Dyah%20Fitriani.pdf
http://repository.ub.ac.id/1359/
Daftar Isi:
  • Buku merupkan paket lengkap yang dapat membantu guru dan siswa sebagai sumber pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan dan sasaran dalam belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Keberadaan buku yang komunikatif dapat membantu memenuhi kebutuhan fungsi bahasa sebagai komunikasi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu persepsi guru terhadap segi komunikatif dari aktifitas yang dapat membantu siswa berkomunikasi secara lisan didalam buku teks tersebut. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskripsi kualitatif. Subjek yang digunakan didalam penelitian ini adalah dua guru Bahasa Inggris yang mengajar kelas satu di SMPN 1 Kertosono. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, textbook evaluation checklist dan interview guide. Kedua instrumen ini diadopsi dari teori Ellif and Maarof (2011) dan Cunningsworth (1995). Textbook evaluation checklist terdiri dari 3 kriteria pokok dan memiliki beberapa deskripsi yang terdiri dari 46 macam deskripsi. Sedangkan interview guide terdiri atas 15 pertanyaan. Hasil dari evaluation checklist menunjukkan bahwa nilai dari keseluruhan deskripsi yang ada didalam kriteria adalah 83.7%. Ini menunjukkan bahwa buku tersebut sangat bagus. Kedua guru percaya bahwa buku tersebut menyediakan aktifitas yang komunikatif. Hal ini dikarenakan buku tersebut sangat memenuhi kriteria yang ada. Sedangkan hasil dari interview guide menunjukkan bahwa kedua guru percaya bahwa buku tersebut sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran mereka. Buku tersebut juga sangat membantu mereka dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu, buku tersebut sangat efektif dalam membantu siswa untuk berkomunikasi secara lisan menggunakan Bahasa Inggris, oleh karena itu mereka dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Materi yang ada didalam buku juga berhubungan dengan situasi yang ada di lingkungan siswa.