Pengembangan Media Pembelajaran FABELPOLI (fabel dalam monopoli) dalam Keterampilan Menelaah Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII
Main Author: | Laras, Amadea |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1357/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah penyampaian materi pada suatu pembelajaran. Media yang dikembangkan berupa media FABELPOLI (fabel dalam monopoli) untuk pembelajaran menelaah teks fabel. Penelitian ini dilakukan di SMPN 10 Malang dengan mempertimbangan masalah yang dirasakan siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran. Produk ini diharapkan memenuhi tiga kriteria penting yaitu aspek kebahasaan, isi materi, dan tampilan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitaf. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg dan Gall. Kegunaan penelitian ini yaitu untuk kepentingan pengembangan keilmuan, khususnya bidang pendidikan dan menciptakan produk yang dapat digunakan dalam pembelajaran menelaah teks fabel. Pada tahap analisis data pengembangan produk I dari respon siswa memeroleh persentase sebesar 82,5%, aspek kebahasaan 66,5%, aspek isi materi 66%, dan aspek tampilan 62,5%. Sedangkan pada produk II hasil respon siswa memeroleh persentase sebesar 94%, aspek kebahasaan 75%, aspek isi materi 86%, dan aspek tampilan 94,31%. Selanjutnya, pada produk III respon siswa memeroleh persentase sebesar 87%, aspek kebahasaan 95,83%, aspek isi materi 96,25%, dan aspek tampilan 97,72%. Berdasarkan hasil penilaian respon siswa dan para validator, media FABELPOLI (fabel dalam monopoli) dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran menelaah teks fabel.