Analisis Penerapan Aplikasi Berbasis Mobile Pada Nom-Nom Cafe Malang Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Main Author: Raharjo, Nanda Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13565/1/Nanda%20Dwi%20Raharjo.pdf
http://repository.ub.ac.id/13565/
Daftar Isi:
  • Penjualan merupakan suatu komponen yang cukup penting dalam proses bisnis. Dengan menentukan strategi dalam penjualan dan promosi terhadap barang yang di jual, hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap profit yang didapatkan oleh perusahaan. Nom-Nom cafe adalah salah satu café yang bergerak dibidang penjualan makanan dan minuman yang berdiri sejak tahun 2016 yang lalu yang ada di kota Malang. Ada cukup banyak hal yang mungkin dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan penjualan dari Nom-Nom, diantaranya adalah dengan menggunakan aplikasi mobile berbasis android yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah penjualan produk dari Nom-Nom café. Pada penelitian ini, dilakukan pengujian dengan metode analisis regresi linear berganda untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat berperilaku pengguna dalam bertransaksi pada aplikasi Nom-Nom cafe. Dibutuhkan suatu metode untuk melihat penerimaan aplikasi ini. TAM merupakan suatu model yang digunakan untuk melakukan analisis dan memahami faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan terhadap suatu tekhnologi komputer. Kemudian untuk melakukan melihat apakah aplikasi dapat meningkatkan penjualan atau tidak, dapat dilakukan analisis hasil penjualan dari sebelum dan sesudah aplikasi diterapkan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan dari hasil pengujian dan hanya satu hipotesis yang ditolak, serta hasil analisis penjualan yang menunnjukkan bahwa aplikasi Nom-Nom meningkatkan penjualan produk Nom-Nom café.