Evaluasi Kualitas Kebergunaan, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Interaksi Pelayanan Pada Website Dinas Pendidikan Menggunakan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis (Studi Kasus Website Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan)
Main Author: | Priyangga, Rizki Widya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/13538/1/Rizki%20Widya%20Priyangga.pdf http://repository.ub.ac.id/13538/ |
Daftar Isi:
- Belum pernah dilakukan evaluasi terhadap website Dinas Pendidikan juga menjadi salah satu permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan dilakukan evaluasi adalah untuk mengetahui kualitas usability, information quality, dan service interaction quality pada website Dinas Pendidikan Kab. Pasuruan. Metode yang digunakan adalah metode webqual yang terdiri dari variabel usability, information quality, service interaction quality dan perhitungan importance performance analysis, kedua metode tersebut digunakan untuk mengetahui kualitas website berdasarkan pengguna akhir. Metodelogi yang dilakukan adalah penentuan permasalahan, tinjauan kepustakaan, merancang penelitian, menentukan standar evaluasi, sampling, instrumen, analisis data, interpretasi, dan rekomendasi. Sampel yang digunakan sebesar 100 responden dari populasi pengguna website, dengan teknik sampling simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh dari penyebaran kuisioner secara online kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan perhitungan importance performance analysis. Hasil statistik deskriptif bahwa ketiga variabel tersebut masuk dalam kategori tinggi. Hasil nilai gap variabel usability didapatkan -0.35, information quality sebesar -0.32, dan service interaction quality sebesar -0.36. Berdasarkan hal tersebut website belum memenuhi kualitas ideal yang diinginkan pengguna. Indikator yang perlu dilakukan perbaikan adalah desain warna web nyaman dilihat, jenis dan ukuran huruf mudah dibaca, warna background kontras dengan warna huruf, informasi up-to-date, informasi bermanfaat untuk pengguna, kemudahan berkomunikasi dengan organisasi (link ke SKPD), kecepatan merespon dan memberikan tanggapan. Saran bagi pengelola website Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan sebagai pihak yang mengelola website bahwa pihak pengelola harus tetap menjaga dan meningkatkan kepuasan pengguna sesuai dengan indikator yang terdapat pada kuadran IPA. Kepuasan pengguna terbentuk berdasarkan pemenuhan kebutuhan atau harapan pengguna terhadap kualitas website, oleh karena itu sebaiknya pihak pengelolah perlu melakukan evaluasi website Dinas Kabupaten Pasuruan dan melakukan peningkatan pada variabel dan indikator yang belum memenuhi harapan pengguna. Bagi peneliti selanjutnya adalah dapat melakukan penelitian secara kombinasi antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif, seperti menggabungkan metode webqual 4.0 dengan IPA serta heuristic evolution. Kemudian juga dapat melakukan analisis regresi antara variabel webqual dengan variabel lainnya, seperti menentukan hubungan antara variabel yang terdapat pada webqual 4.0 dengan variabel satisfaction. Sehingga kualitas website dapat dijelaskan secara detail dan menyeluruh.