Analisis Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Kopi Bubuk pada UKM Industri Kopi Bubuk di Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang
Daftar Isi:
- Kopi bubuk merupakan produk yang banyak diproduksi oleh warga sekitar Malang baik untuk usaha kalangan kecil maupun menengah. Hal ini disebabkan oleh dukungan bahan baku yang mudah didapatkan dari daerah Kabupaten Dampit ataupun Bangelan dengan banyaknya petani rakyat yang menanam kopi di kebun pribadinya. Salah satu UKM yang mengolah kopi bubuk yaitu UKM industri kopi bubuk di Sawojajar yang terletak di Jalan Danau Rawa Pening Blok H5 D7 Sawojajar, kota Malang. UKM tersebut memiliki banyak pesaing potensial baik dari sesama UKM yang baru muncul juga pesaing dari produk milik perusahaan besar yang lebih dulu terkenal. Dalam menjalankan usahanya, produk kopi bubuk yang diproduksi oleh UKM industri di Sawojajar banyak bersaing dengan produk-produk yang lebih dikenal dahulu oleh masyarakat serta produk pesaing yang dijual lebih murah. Maka dari itu perlu adanya perbaikan strategi penjualan melalui peningkatan brand image (citra merek) yang ada di kalangan masyarakat. Salah satu strategi yang digunakan dalam meningkatkan loyalitas pembelian produk yaitu dengan meningkatkan nilai brand image (citra merek) yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk. Dari ketiga nilai citra merek tersebut diharapkan dapat mengetahui pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen, selain itu juga dapat diketahui faktor mana yang paling berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas konsumen. Maka dari itu dapat dijadikan evaluasi bagi UKM industri kopi bubuk di Sawojajar agar dapat menambah loyalitas konsumen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis Regresi Linear Berganda yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas dalam penelitian ini yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk, terhadap variabel terikatnya yaitu loyalitas konsumen. Hasil analisis regresi linear berganda menyatakan bahwa dari ketiga variabel bebas yang terdapat dalam penelitian ini yaitu berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen. Untuk variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen adalah variabel citra produk. Hal ini dapat dilihat dari model bahwa nilai standardized coefficients yang paling tinggi adalah variabel citra produk, karena didukung oleh faktor-faktor yang berpengaruh yaitu informasi produk, merek, harga yang terjangkau dan cita rasa. Dengan arti apabila indikator-indikator variabel citra produk semakin baik dan berkembang maka dapat meningkatkan loyalitas konsumen kopi bubuk yang diproduksi oleh UKM industri di Sawojajar. Dari hasil analisis yang diperoleh maka beberapa saran dapat dijadikan pertimbangan UKM industri kopi bubuk di Sawojajar untuk meningkatkan loyalitas konsumen yaitu diantaranya dengan perbaikan pada variabel citra pembuat dan citra produk. Dari variabel citra pembuat dapat ditingkatkan distribusi penjualan yang lebih luas dengan menitipkan barang dagangan ke toko yang jauh dari jangkauan mobil keliling dan pasar-pasar yang dimiliki sehingga pemasaran akan semakin luas. Sedangkan pada variabel citra produk yaitu dengan menambah kualitas dari segi citra produk misalnya melalui informasi produk yang ditingkatkan kembali melalui promosi seperti iklan pada media elektronik maupun dengan menggunakan sound pada mobil berkeliling agar merek produk tersebut mudah diingat masyarakat.