The Efectiveness of Spelling Games in Teaching Vocabulary for Kindergarten
Main Author: | Wijaya, Ricky Chandra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1350/1/RICKY%20CHANDRA%20WIJAYA.pdf http://repository.ub.ac.id/1350/ |
Daftar Isi:
- Pada waktu sekarang, bahasa Inggris sebagai bahasa internnasional yang sangat penting untuk dipelajari dan dikuasainya semuda mungkin. Sebenarnya, siswa Indonesia mulai belajar bahasa Inggris di beberapa taman kanak-kanak, tujuannya adalah untuk mengenalkan kosa kata bahasa Inggris dasar. Kosakata adalah komponen dari bahan bahasa dalam belajar bahasa Inggris. Dalam mengajarkan bahasa Inggris kosakata adalah salah satu keterampilan bahasa yang penting. Di sisi lain tidak mudah untuk mengajarkan kosakata di usia dini, terutama kepada siswa TK. Pengajaran dengan mengeja membuat proses belajar mengajar lebih efektif. Oleh karena itu penelitian ini mencoba untuk mengetahui efektifitas penggunaan permainan mengeja dalam mengajarkan kosakata kepada siswa TK. Data dianalisis berdasarkan Suharsimi Arikunto tentang analysis of data using qualitative descriptive analysis technique. Frekuensi akan diubah menjadi persentase. Langkah terakir adalah mendiskusikan temuan dan membuat kesimpulan untuk menjawab permasalahan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyeknya adalah siswa Children Center Brawijaya Smart School (TK A & B). Kelas itu terdiri dari lima puluh siswa terbagi dalam empat kelas kecil. Untuk melengkapi data, peneliti menggunakan kuesioner, wawancara, observation checklist dan rekaman video untuk mencatat proses mengajar dan belajar. Sumber data berasal dari guru bahasa Inggris kelas centra persiapan, dan dua puluh delapan siswa kelas A1, B1 dan B2. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi pengajaran yang banyak digunakan adalah mendengarkan dan mengulang, mendengarkan dan melakukan, menggambar dan mewarnai, dan strategi mengeja yang banyak digunakan adalah strategi ejaan fonetik. Untuk permainan Bahasa yang banyak digunakan adalah permainan gerakan, permainan kartu, permainan gambar dan permainan kata. Dari perhitungan analisis tersirat bahwa efektivitas permainan mengeja di Children Center Brawijaya Smart School dalam mengajarkan kosakata bahasa Inggris dapat diklasifikasikan ke dalam kategori "Sangat bagus". Disarankan agar guru mencoba lebih banyak menggunakan berbagai media untuk mendukung proses pembelajaran di kelas, agar mampu membuat individu berprestasi dengan baik. Akhirnya, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk memaksimalkan hasilnya dan memperbaiki kelemahan penelitian ini agar mampu membuat analisa penelitian yang lebih baik.