Analisa Biaya Transaksi Pemasaran Udang Vanname (Litopenaeus vannamei) di Windu Alam Perkasa Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu, KabupatenTuban, Jawa Timur

Main Author: Nugroho, OkkiDwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/133976/1/LAPORAN_SKRIPSI_OKKI.pdf
http://repository.ub.ac.id/133976/
ctrlnum 133976
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/133976/</relation><title>Analisa Biaya Transaksi Pemasaran Udang Vanname (Litopenaeus vannamei) di Windu Alam Perkasa Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu, KabupatenTuban, Jawa Timur</title><creator>Nugroho, OkkiDwi</creator><subject>639.2 Commercial fishing, whaling, sealing</subject><description>Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan budidaya udang adalah tersedianya benih yang berkualitas baik, kuantitas, maupun kontinuitasnya. Produksi benih udang vanname diKabupaten Tuban belum mampu mencukupi semua kebutuhan benih untuk usaha pembesaran benih udang vanname Pada usaha pembesaran benih udang vanname untuk memenuhi kebutuhan benih masih mendatangkan dari luar kabupaten yaitu dari Situbondo. Usaha budidaya udang vanname diKabupaten Tuban paling banyak terdapat diKecamatan Jenu. Kecamatan Jenu memiliki prospek yang sangat baik untuk pengembangan usaha pembenihan udang vanname karena terdapat jumlah usaha pembesaran udang vanname yang banyak, sedangkan usaha pembenihan udang vanname masih sangat sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui proses pemasaran dan biaya transaksi yang dilakukan oleh Hatchery Windu Alam Perkasa; 2) Mengetahui keuntungan dan margin pemasaran Hatchery Windu Alam Perkasa; 3).Mengetahui kondisi finansial Hatchery Windu Alam Perkasa. Penelitian ini dilaksanakan diKecamatan Jenu, Kabupaten Tuban pada Bulan Maret - April 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Informasi yang dikeluarkan oleh pihak Hatchery Windu Alam Perkasa adalah informasi yang simetris. Hal ini berarti informasi yang didapatkan konsumen sesuai dengan kondisi yang terjadi pada Hatchery Windu Alam Perkasa, tidak didapatkan informasi yang asimetris pada usaha Hatchery Windu Alam Perkasa dikarenakan pemilik usaha dapat menerima, mengolah kembali, dan menyampaikan kembali informasi sesuai dengan informasi yang diterima. Analisis finansial pada usaha hatcery udang vanname Windu Alam Perkasa meliputi analisis jangka pendek. Analisis jangka pendek selama satu bulan nilai RC ratio sebesar 2,38, rentabilitas/persentase keuntungan sebesar 91,7%, BEP unit sebanyak 06.924 ekor benih udang vanname dengan harga jual Rp 12.5/ekor atau BEP sales sebesar Rp2.376.285,00, efisiensi pemasaran sebesar 0,41, dan Average Gross Margin sebesar 0,0001. Pada penelitian ini, hasil yang ditemukan pada usaha hatchery Windu Alam Perkasa adalah, proses pemasaran masih sederhana, sehingga biaya yang muncul rendah dan efisien. Pada biaya transaksi, biaya yang muncul tinggi adalah pada biaya transaksi ex-ante, pada proses negosiasi dan pada biaya transaksi post-ante, biaya yang muncul tinggi adalah proses pengawasan. Hasil dari perhitungan keuntungan adalah sebesar Rp.29.205.135,00 yang merupakan keuntungan bersih. Dan pada margin pemasaran ditemukan tidak merata, dapat dikatakan bahwa margin pemasaran tidak efisien. Pada analisis keuntungan, disini usaha Hatchery ini layak untuk dijalankan. Karena pada analisis R/C ditemukan lebih dari 1, Rentabilitas 91,7%, dan usaha akan balik modal dalam waktu 1 bulan. Saran yang diberikan peneliti untuk mengembangkan usaha pembenihan udang vanname Windu Alam Perkasa yaitu Melakukan promosi melalui teknologi yang kini berkembang sebagai upaya untuk memperluas jaringan pemasaran usaha pembenihan. Menjalin kerjasama yang lebih baik dengan mitra usaha antara lain pemasok pakan, pemasok benih, pedagang besar, dan pedagang kecil. Menambah tenaga kerja dan melakukan pencatatan keuangan dengan lebih baik dalam laporan keuangan. Perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang potensi dan peluang pengembangan usaha pembenihan udang vanname dikecamatan lain yang ada diKabupaten Tuban</description><date>2015-02-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/133976/1/LAPORAN_SKRIPSI_OKKI.pdf</identifier><identifier> Nugroho, OkkiDwi (2015) Analisa Biaya Transaksi Pemasaran Udang Vanname (Litopenaeus vannamei) di Windu Alam Perkasa Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu, KabupatenTuban, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FPR/2015/147/051504083</relation><recordID>133976</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nugroho, OkkiDwi
title Analisa Biaya Transaksi Pemasaran Udang Vanname (Litopenaeus vannamei) di Windu Alam Perkasa Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu, KabupatenTuban, Jawa Timur
publishDate 2015
topic 639.2 Commercial fishing
whaling
sealing
url http://repository.ub.ac.id/133976/1/LAPORAN_SKRIPSI_OKKI.pdf
http://repository.ub.ac.id/133976/
contents Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan budidaya udang adalah tersedianya benih yang berkualitas baik, kuantitas, maupun kontinuitasnya. Produksi benih udang vanname diKabupaten Tuban belum mampu mencukupi semua kebutuhan benih untuk usaha pembesaran benih udang vanname Pada usaha pembesaran benih udang vanname untuk memenuhi kebutuhan benih masih mendatangkan dari luar kabupaten yaitu dari Situbondo. Usaha budidaya udang vanname diKabupaten Tuban paling banyak terdapat diKecamatan Jenu. Kecamatan Jenu memiliki prospek yang sangat baik untuk pengembangan usaha pembenihan udang vanname karena terdapat jumlah usaha pembesaran udang vanname yang banyak, sedangkan usaha pembenihan udang vanname masih sangat sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui proses pemasaran dan biaya transaksi yang dilakukan oleh Hatchery Windu Alam Perkasa; 2) Mengetahui keuntungan dan margin pemasaran Hatchery Windu Alam Perkasa; 3).Mengetahui kondisi finansial Hatchery Windu Alam Perkasa. Penelitian ini dilaksanakan diKecamatan Jenu, Kabupaten Tuban pada Bulan Maret - April 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Informasi yang dikeluarkan oleh pihak Hatchery Windu Alam Perkasa adalah informasi yang simetris. Hal ini berarti informasi yang didapatkan konsumen sesuai dengan kondisi yang terjadi pada Hatchery Windu Alam Perkasa, tidak didapatkan informasi yang asimetris pada usaha Hatchery Windu Alam Perkasa dikarenakan pemilik usaha dapat menerima, mengolah kembali, dan menyampaikan kembali informasi sesuai dengan informasi yang diterima. Analisis finansial pada usaha hatcery udang vanname Windu Alam Perkasa meliputi analisis jangka pendek. Analisis jangka pendek selama satu bulan nilai RC ratio sebesar 2,38, rentabilitas/persentase keuntungan sebesar 91,7%, BEP unit sebanyak 06.924 ekor benih udang vanname dengan harga jual Rp 12.5/ekor atau BEP sales sebesar Rp2.376.285,00, efisiensi pemasaran sebesar 0,41, dan Average Gross Margin sebesar 0,0001. Pada penelitian ini, hasil yang ditemukan pada usaha hatchery Windu Alam Perkasa adalah, proses pemasaran masih sederhana, sehingga biaya yang muncul rendah dan efisien. Pada biaya transaksi, biaya yang muncul tinggi adalah pada biaya transaksi ex-ante, pada proses negosiasi dan pada biaya transaksi post-ante, biaya yang muncul tinggi adalah proses pengawasan. Hasil dari perhitungan keuntungan adalah sebesar Rp.29.205.135,00 yang merupakan keuntungan bersih. Dan pada margin pemasaran ditemukan tidak merata, dapat dikatakan bahwa margin pemasaran tidak efisien. Pada analisis keuntungan, disini usaha Hatchery ini layak untuk dijalankan. Karena pada analisis R/C ditemukan lebih dari 1, Rentabilitas 91,7%, dan usaha akan balik modal dalam waktu 1 bulan. Saran yang diberikan peneliti untuk mengembangkan usaha pembenihan udang vanname Windu Alam Perkasa yaitu Melakukan promosi melalui teknologi yang kini berkembang sebagai upaya untuk memperluas jaringan pemasaran usaha pembenihan. Menjalin kerjasama yang lebih baik dengan mitra usaha antara lain pemasok pakan, pemasok benih, pedagang besar, dan pedagang kecil. Menambah tenaga kerja dan melakukan pencatatan keuangan dengan lebih baik dalam laporan keuangan. Perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang potensi dan peluang pengembangan usaha pembenihan udang vanname dikecamatan lain yang ada diKabupaten Tuban
id IOS4666.133976
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T04:05:36Z
last_indexed 2021-10-28T07:22:54Z
recordtype dc
_version_ 1751453702138363904
score 17.538404