Preferensi Konsumen Dalam Mengkonsumsi Kerang Hijau (Perna Viridis) Di Mangrove Centre, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur

Main Author: JayantiQP, Rochma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/133911/1/ANALISIS_USAHA_PEMBESARAN_UDANG_VANNAMEI.pdf
http://repository.ub.ac.id/133911/1/PREFERENSI_KONSUMEN_DALAM_MENGKONSUMSI_KERANG_HIJAU.pdf
http://repository.ub.ac.id/133911/
ctrlnum 133911
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/133911/</relation><title>Preferensi Konsumen Dalam Mengkonsumsi Kerang Hijau (Perna Viridis) Di Mangrove Centre, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur</title><creator>JayantiQP, Rochma</creator><subject>639.2 Commercial fishing, whaling, sealing</subject><description>Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah 1)&#xD; Mengetahui Kondisi Sosial Ekonomi Mangrove Centre , 2) Menganalisa&#xD; Preferensi Konsumen Dalam Mengkonsumsi Kerang Hijau, 3) Mengetahui Ukuran Kerang&#xD; Hijau Yang Paling Diminati Oleh Konsumen Dan 4) Mengetahui Alasan Konsumen&#xD; Dalam Memilih Mengkonsumi Kerang Hijau. Jenis Penelitian Yang Digunakan Dalam&#xD; Penelitian Ini Menggunakan Metode Studi Kasus. Sedangkan Metode Pengambilan&#xD; Sampel Yang Digunakan Adalah Teknik Snowball Sampling. Teknik&#xD; Pengumpulan Data Yaitu Dengan Menggunakan Teknik Observasi, Wawancara, Dan&#xD; Dokumentasi. Metode Analisis Data Yaitu Dengan Menggunakan Analisis Deskriptif&#xD; Kualitatif. Untuk Analisis Deskriptif Kualitatif Yaitu Meliputi : 1)&#xD; Mengidentifikasi Kondisi Sosial Ekonomi Mangrove Centre , 2) Menganalisis&#xD; Preferensi Konsumen Kerang Hijau, 3) Mengidentifikasi Ukuran Konsumsi Kerang&#xD; Hijau Yang Diminati Konsumen, 4) Mengidentifikasi Alasan Konsumen Dalam Memilih&#xD; Kerang Hijau Untuk Dikonsumsi. Kondisi Sosial Ekonomi Mangrove Yaitu Secara&#xD; Sosial Terjadi Penyerapan Tenaga Kerja Di Mangrove Centre Jenu Dari&#xD; Warga Sekitar Kawasan Tersebut Dan Warga Desa Jenu Sangat Antusias Terhadap&#xD; Pengembangan Usaha Budidaya Kerang Hijau. Secara Ekonomi Dari Hasil Pengambilan&#xD; Kerang Hijau Di Mangrove Centre Jenu Dapat Di Pasarkan Sehingga Dapat&#xD; Menambah Pendapatan Warga. Analisis Preferensi Konsumen Dalam Mengkonsumsi&#xD; Kerang Hijau Didapatkan Hasil Bahwa Masyarakat Desa Jenu Banyak Yang Suka&#xD; Mengkonsumsi Kerang Hijau Dengan Persentase Sebesar 73,6% Dan Hanya Sedikit&#xD; Yang Tidak Menyukai Mengkonsumsi Kerang Hijau Yaitu Dengan Persentase Sebesar&#xD; 26,3%. Hal Ini Disebabkan Oleh Beberapa Faktor Yaitu Harga Yang Terjangkau,&#xD; Rasanya Enak Dan Gurih, Memiliki Kandungan Gizi Yang Baik, Mudah Untuk Diolah,&#xD; Sifat Hidup Kerang Hijau Yang Musiman, Dan Takutnya Akan Rumor Kandungan Logam&#xD; Berat Pada Kerang Hijau. Ukuran Kerang Hiijau Konsumsi Yang Paling Diminati&#xD; Oleh Konsumen Berkisar Antara &#xB1; 6 - 8 Cm. Konsumen Lebih Suka Mengkonsumsi&#xD; Kerang Hijau Dengan Ukuran Besar, Namun Ada Pula Beberapa Konsumen Yang Memilih&#xD; Untuk Mengkonsumsi Kerang Hijau Berukuran Sedang. Ukuran Konsumsi Kerang Hijau&#xD; Yang Besar Lebih Banyak Diminati Konsumen Untuk Dikonsumsi Karena Pada Ukuran Besar,&#xD; Kerang Hijau Memiliki Daging Yang Lebih Tebal Dan Memiliki Tekstur Yang Kenyal.&#xD; Sedangkan Pada Ukuran Konsumsi Kerang Hijau Yang Sedang Memiliki Daging Yang&#xD; Tidak Begitu Tebal Dan Terlihat Kurang Padat. Alasan Konsumen Dalam&#xD; Mengkonsumsi Kerang Hijau Yaitu Selera, Harga, Cara Pengolahan Dan Kandungan&#xD; Gizi Yang Dimiliki Kerang Hijau. Pada Faktor Selera, Setiap Individu Memiliki&#xD; Selera Yang Berbeda-Beda. Ada Yang Memang Hobi Dalam Mengkonsumsi Kerang Hijau,&#xD; Ada Yang Tidak Suka Bahkan Sama Sekali Tidak Menyukainya. Sedangkan Pada Faktor&#xD; Harga, Kerang Hijau Memiliki Harga Yang Terjangkau Dipasaran Namun Pada&#xD; Beberapa Konsumen Kerang Hijau Merasa Keberatan Dengan Harga Kerang Hijau&#xD; Dipasaran Untuk Mereka Konsumsi, Hal Tersebut Dapat Dikarenakan Rendahnya Pendapatan&#xD; Yang Mereka Peroleh Dari Pekerjaan Masing-Masing. Pada Faktor Pengolahan,&#xD; Kerang Hijau Sangat Mudah Dalam Proses Pengolahannya, Kerang Hijau Dapat Diolah&#xD; Dengan Cara Merebusnya Saja Lalu Menghilangkan Cangkangnya Dari Daging Kerang&#xD; Hijau, Diolah Menjadi Tumis Kerang Hijau, Pepes Kerang Hijau, Dibakar Menjadi&#xD; Sate Kerang Hijau, Di Goreng Dengan Tepung Bumbu Menjadi Rempeyek, Dan&#xD; Sebagainya. Kerang Hijau Juga Memiliki Kandungan Gizi Yang Cukup Baik, Tidak&#xD; Kalah Dengan Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Ikan, Daging, Dan Telur. Kerang&#xD; Hijau Memiliki 40,8% Air, 21,9% Protein, 14,5% Lemak, 18,5% Karbohidrat Dan&#xD; 4,3% Abu Sehingga Menjadikan Kerang Hijau Sebanding Dengan Daging Sapi, Telur&#xD; Maupun Daging Ayam. Saran Yang Diberikan Peneliti Untuk Pengembangan Usaha&#xD; Budidaya Kerang Hijau Sebagai Berikut : Mangrove Centre Jenu Sebagai&#xD; Lokasi Budidaya Kerang Hijau Perlu Melakukan Pengembangan Budidaya Kerang Hijau&#xD; Dalam Hal Proses Produksinya, Pembudidaya Kerang Hijau Di Kawasan Mangrove&#xD; Centre Jenu Perlu Menciptakan Sebuah Inovasi Dalam Diversifkasi Pengolahan&#xD; Pangan Dari Hasil Budidaya Kerang Hijau, Agar Budidaya Kerang Hijau Di Mangrove&#xD; Centre Jenu Dapat Berkelanjutan, Maka Perlu Adanya Kebijakan Untuk&#xD; Membatasi Pembuangan Limbah Industri, Lembaga Pendidikan/Universitas Perlu&#xD; Melakukan Penelitian Lebih Lanjut Tentang Preferensi Wisatawan Mangrove Centre&#xD; Jenu Dalam Mengkonsumsi Kerang Hijau.</description><date>2014-01-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/133911/1/ANALISIS_USAHA_PEMBESARAN_UDANG_VANNAMEI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/133911/1/PREFERENSI_KONSUMEN_DALAM_MENGKONSUMSI_KERANG_HIJAU.pdf</identifier><identifier> JayantiQP, Rochma (2014) Preferensi Konsumen Dalam Mengkonsumsi Kerang Hijau (Perna Viridis) Di Mangrove Centre, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FPR/2014/9/051400402</relation><recordID>133911</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author JayantiQP, Rochma
title Preferensi Konsumen Dalam Mengkonsumsi Kerang Hijau (Perna Viridis) Di Mangrove Centre, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur
publishDate 2014
topic 639.2 Commercial fishing
whaling
sealing
url http://repository.ub.ac.id/133911/1/ANALISIS_USAHA_PEMBESARAN_UDANG_VANNAMEI.pdf
http://repository.ub.ac.id/133911/1/PREFERENSI_KONSUMEN_DALAM_MENGKONSUMSI_KERANG_HIJAU.pdf
http://repository.ub.ac.id/133911/
contents Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah 1) Mengetahui Kondisi Sosial Ekonomi Mangrove Centre , 2) Menganalisa Preferensi Konsumen Dalam Mengkonsumsi Kerang Hijau, 3) Mengetahui Ukuran Kerang Hijau Yang Paling Diminati Oleh Konsumen Dan 4) Mengetahui Alasan Konsumen Dalam Memilih Mengkonsumi Kerang Hijau. Jenis Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Menggunakan Metode Studi Kasus. Sedangkan Metode Pengambilan Sampel Yang Digunakan Adalah Teknik Snowball Sampling. Teknik Pengumpulan Data Yaitu Dengan Menggunakan Teknik Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Metode Analisis Data Yaitu Dengan Menggunakan Analisis Deskriptif Kualitatif. Untuk Analisis Deskriptif Kualitatif Yaitu Meliputi : 1) Mengidentifikasi Kondisi Sosial Ekonomi Mangrove Centre , 2) Menganalisis Preferensi Konsumen Kerang Hijau, 3) Mengidentifikasi Ukuran Konsumsi Kerang Hijau Yang Diminati Konsumen, 4) Mengidentifikasi Alasan Konsumen Dalam Memilih Kerang Hijau Untuk Dikonsumsi. Kondisi Sosial Ekonomi Mangrove Yaitu Secara Sosial Terjadi Penyerapan Tenaga Kerja Di Mangrove Centre Jenu Dari Warga Sekitar Kawasan Tersebut Dan Warga Desa Jenu Sangat Antusias Terhadap Pengembangan Usaha Budidaya Kerang Hijau. Secara Ekonomi Dari Hasil Pengambilan Kerang Hijau Di Mangrove Centre Jenu Dapat Di Pasarkan Sehingga Dapat Menambah Pendapatan Warga. Analisis Preferensi Konsumen Dalam Mengkonsumsi Kerang Hijau Didapatkan Hasil Bahwa Masyarakat Desa Jenu Banyak Yang Suka Mengkonsumsi Kerang Hijau Dengan Persentase Sebesar 73,6% Dan Hanya Sedikit Yang Tidak Menyukai Mengkonsumsi Kerang Hijau Yaitu Dengan Persentase Sebesar 26,3%. Hal Ini Disebabkan Oleh Beberapa Faktor Yaitu Harga Yang Terjangkau, Rasanya Enak Dan Gurih, Memiliki Kandungan Gizi Yang Baik, Mudah Untuk Diolah, Sifat Hidup Kerang Hijau Yang Musiman, Dan Takutnya Akan Rumor Kandungan Logam Berat Pada Kerang Hijau. Ukuran Kerang Hiijau Konsumsi Yang Paling Diminati Oleh Konsumen Berkisar Antara ± 6 - 8 Cm. Konsumen Lebih Suka Mengkonsumsi Kerang Hijau Dengan Ukuran Besar, Namun Ada Pula Beberapa Konsumen Yang Memilih Untuk Mengkonsumsi Kerang Hijau Berukuran Sedang. Ukuran Konsumsi Kerang Hijau Yang Besar Lebih Banyak Diminati Konsumen Untuk Dikonsumsi Karena Pada Ukuran Besar, Kerang Hijau Memiliki Daging Yang Lebih Tebal Dan Memiliki Tekstur Yang Kenyal. Sedangkan Pada Ukuran Konsumsi Kerang Hijau Yang Sedang Memiliki Daging Yang Tidak Begitu Tebal Dan Terlihat Kurang Padat. Alasan Konsumen Dalam Mengkonsumsi Kerang Hijau Yaitu Selera, Harga, Cara Pengolahan Dan Kandungan Gizi Yang Dimiliki Kerang Hijau. Pada Faktor Selera, Setiap Individu Memiliki Selera Yang Berbeda-Beda. Ada Yang Memang Hobi Dalam Mengkonsumsi Kerang Hijau, Ada Yang Tidak Suka Bahkan Sama Sekali Tidak Menyukainya. Sedangkan Pada Faktor Harga, Kerang Hijau Memiliki Harga Yang Terjangkau Dipasaran Namun Pada Beberapa Konsumen Kerang Hijau Merasa Keberatan Dengan Harga Kerang Hijau Dipasaran Untuk Mereka Konsumsi, Hal Tersebut Dapat Dikarenakan Rendahnya Pendapatan Yang Mereka Peroleh Dari Pekerjaan Masing-Masing. Pada Faktor Pengolahan, Kerang Hijau Sangat Mudah Dalam Proses Pengolahannya, Kerang Hijau Dapat Diolah Dengan Cara Merebusnya Saja Lalu Menghilangkan Cangkangnya Dari Daging Kerang Hijau, Diolah Menjadi Tumis Kerang Hijau, Pepes Kerang Hijau, Dibakar Menjadi Sate Kerang Hijau, Di Goreng Dengan Tepung Bumbu Menjadi Rempeyek, Dan Sebagainya. Kerang Hijau Juga Memiliki Kandungan Gizi Yang Cukup Baik, Tidak Kalah Dengan Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Ikan, Daging, Dan Telur. Kerang Hijau Memiliki 40,8% Air, 21,9% Protein, 14,5% Lemak, 18,5% Karbohidrat Dan 4,3% Abu Sehingga Menjadikan Kerang Hijau Sebanding Dengan Daging Sapi, Telur Maupun Daging Ayam. Saran Yang Diberikan Peneliti Untuk Pengembangan Usaha Budidaya Kerang Hijau Sebagai Berikut : Mangrove Centre Jenu Sebagai Lokasi Budidaya Kerang Hijau Perlu Melakukan Pengembangan Budidaya Kerang Hijau Dalam Hal Proses Produksinya, Pembudidaya Kerang Hijau Di Kawasan Mangrove Centre Jenu Perlu Menciptakan Sebuah Inovasi Dalam Diversifkasi Pengolahan Pangan Dari Hasil Budidaya Kerang Hijau, Agar Budidaya Kerang Hijau Di Mangrove Centre Jenu Dapat Berkelanjutan, Maka Perlu Adanya Kebijakan Untuk Membatasi Pembuangan Limbah Industri, Lembaga Pendidikan/Universitas Perlu Melakukan Penelitian Lebih Lanjut Tentang Preferensi Wisatawan Mangrove Centre Jenu Dalam Mengkonsumsi Kerang Hijau.
id IOS4666.133911
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T04:05:31Z
last_indexed 2021-10-28T07:22:54Z
recordtype dc
_version_ 1751453702449790976
score 17.538404