Perilaku Pembelian Makanan Secara Online Melalui Aplikasi Go-Food (Theory Of Planned Behavior)

Main Author: Handana, Salsabila Mutiara Ramadhani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13371/7/SALSABILA%20MUTIARA%20RAMADHANI%20HANDANA.pdf
http://repository.ub.ac.id/13371/
Daftar Isi:
  • Bisnis melalui internet saat ini berkembang sangat pesat. Bukan hanya penjualan barang namun kini makanan juga dijual secara online. Layanan pesan antar makanan yang dipesan secara online kini juga bisa diakses melalui fitur Go-Food pada aplikasi Go-Jek. Meskipun memiliki ongkos tambahan yang harus dibayarkan, rupanya Go-Food masih diminati oleh masyarakat. Bahkan mahasiswa juga banyak yang memiliki ketertarikan terhadap fitur Go-Food ini dalam pembelian makanan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh apa saja yang memotivasi mahasiswa dalam melakukan pembelian makanan melalui Go-Food dengan menggunakan Theory of Planned Behavior. Penelitian ini menggunakan 100 responden yang seluruhnya adalah mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Penentuan jumlah responden menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Responden dalam penelitian harus mahasiswa yang pernah melakukan pembelian melalui Go-Food setidaknya satu atau dua kali. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan alat analisis warpPLS versi 6.0. Hasil penelitian didapat bahwa sikap, norma subjektif, dan persepsi kendali berpengaruh positif dalam pembelian makanan melalui Go-Food pada mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Variabel sikap memiliki pengaruh paling kuat terhadap niat pembelian makanan melalui Go-Food. Nilai koefisien yang didapatkan oleh variabel sikap adalah 0.51. Sedangkan variabel niat memiliki pengaruh paling kuat dibanding persepsi kendali terhadap perilaku pembelian makanan melalui Go-Food. Nilai koefisien yang didapatkan oleh variabel niat adalah 0.49. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada pihak Go-Jek agar lebih memperhatikan layanan yang diberikan kepada konsumen karena konsumen merasakan bahwa membeli makanan melalui Go-Food merupakan hal yang baik dan bermanfaat untuk dilakukan. Pemberian promosi juga dapat menjadi salah satu alternatif layanan terbaik yang dapat ditawarkan oleh Go-Jek sehingga konsumen tetap loyal dalam menggunakan Go-Food sebagai jasa pembelian makanan secara online.