Strategi Komunikasi Instruksional Guru Terhadap Siswa dalam Pembentukan perilaku Mandiri di SMA Selamat Pagi Indonesia (Studi Kualittatif Terhadap Guru pada Pembentukan perilaku Mandiri di SMA Selamat Pagi Indonesia)

Main Author: Akmal, Aulia Akbar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13357/1/Aulia%20Akbar%20Akmal.pdf
http://repository.ub.ac.id/13357/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah model komunikasi instruksional yang dilakukan oleh guru dalam membentuk perilaku mandiri para siswa di SMA Selamat Pagi Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi instruksional yang digunakan guru kepada siswa dalam membentuk perilaku mandiri para siswa di SMA Selamat Pagi Indonesia. Peneliti menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi data penelitian yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama metode yang digunakan guru dalam pembentukan perilaku mandiri di SMA Selamat Pagi Indonesia menawarkan keunikan tersendiri, yaitu guru menggunakan metod pemberian tanggung jawab kepada murid, dengan melakukan praktek serta dengan memberikan teladan. Yang kedua temuan dalam penelitian ini ialah menggunakan dua perspektif komunikasi instruksional, yang pertama menggunkan komunikasi verbal berupa guyonan dan yang kedua menggunakan komunikasi non verbal berupa tatap muka. Kedua hal tersebut bertujuan untuk menciptakan kedekatan antara guru dan murid sehingga memperlancar metode komunikasi instruksional dalam pembentukan perilaku mandiri.