Perilaku Pemilihan Kedai Kopi Pada Mahasiswa Di Kota Malang (Coffee Shops Choice Behaviour By College Students In Malang City)

Main Author: Wirawan, Alief Putera
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13348/1/ALIEF%20PUTERA%20WIRAWAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/13348/
Daftar Isi:
  • Budaya minum kopi telah menjadi gaya hidup yang berkembang saat ini dan diminati oleh semua kalangan masyarakat. Banyaknya bisnis kedai kopi (coffee shop) yang ada saat ini menambah pilihan bagi konsumen, salah satunya mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku pemilihan yang dilakukan oleh mahasiswa di Kota Malang sebelum mengunjungi kedai kopi dengan pengaplikasian Theory of Planned Behaviour (TPB). Penelitian ini dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang dengan total responden sebanyak 100 orang. Responden ditentukan dengan non probability sampling technique dengan metode accidental sampling. Jumlah responden ditentukan berdasarkan rumus Lemeshow. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap, norma subjektif, persepsi kendali perilaku, dan niat dalam memilih kedai kopi memiliki pengaruh yang positif terhadap perilaku memilih kedai kopi pada mahasiswa di Kota Malang. Variabel sikap memiliki pengaruh positif yang paling kuat terhadap niat memilih kedai kopi dibandingkan variabel lainnya dengan koefisien sebesar 0,62. Sementara itu, variabel niat memiliki pengaruh positif paling kuat terhadap perilaku memilih kedai kopi dibandingkan variabel lainnya dengan koefisien sebesar 0,64. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disarankan kepada para pelaku bisnis kedai kopi (coffee shop) yang berada di Kota Malang untuk memperhatikan faktor-faktor yang dapat menjadi penilaian utama konsumen, seperti kebersihan, harga, maupun keamanan dan kenyamanan lokasi kedai kopi. Hal ini dikarenakan sikap merupakan salah satu variabel yang memberikan kontribusi paling besar bagi konsumen sebelum melakukan perilaku pemilihan kedai kopi.