Pengaruh Customer Value terhadap Brand Loyalty (Studi Eksplanatif pada Smartphone Samsung di Indonesia)
Main Author: | Prabawa B., I DKG Bagus Satria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/13345/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara customer value terhadap brand loyalty pada pengguna smartphone Samsung di Indonesia secara lebih dalam, hal ini dilakukan dengan membagi brand loyalty menjadi dua dimensi yaitu, behavioral loyalty (Y1) dan attitudinal loyalty (Y2). Variabel customer value dibagi menjadi tiga, yaitu functional value (X1), emotional value (X2), dan social value (X3). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variabel apa yang paling dominan dalam mempengaruhi brand loyalty. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan metode survei. Sampel penelitian ini berjumlah 272 responden yang memiliki kriteria; masyarakat Indonesia dengan usia minimal 18 tahun dan melakukan minimal 2 kali pembelian smartphone merek Samsung. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menghasilkan bahwa seluruh variabel Customer value (Functional Value (X1), Emotional Value (X2), Social Value (X3)) berpengaruh terhadap brand loyalty (Beharioval Loyalty (Y1) dan Attitudinal Loyalty (Y2)), baik secara simultan (bersama-sama) maupun parsial (individu). Selain itu, penelitian ini juga mendapatkan hasil bahwa variabel dominan yang paling berpengaruh terhadap behavioral loyalty (Y1) adalah variabel functional value (X1), Sementara, variabel dominan yang paling berpengaruh terhadap attitudinal loyalty (Y2) adalah variabel emotional value (X2). Artinya, nilai fungsional yang didapatkan pengguna smartphone Samsung merupakan faktor yang paling berpengaruh pada loyalitas perilaku, sementara nilai emosional merupakan faktor yang paling berpengaruh pada loyalitas sikap dari konsumen smartphone Samsung di Indonesia.