Analisis Strategi Pemasaran Produk Surimi Pada Pt Aneka Sumber Alam Jaya Di Desa Tudan, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
Main Author: | Hidayatulloh, Mohkamad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/133209/ |
Daftar Isi:
- Indonesia termasuk salah satu negara bahari sekaligus negara kepulauan terbesar didunia. Luas perairanya mencapai sekitar 5.8 juta km2 atau 75% dari total luas wilayahnya. Wilayah perairan ini tersebar dalam bentuk pulau, nerjumlah sekitar 17.506 pulau yang dikelilingi oleh 81.000 km garis pantai. Dengan luas perairan yang mencapai 5.8 juta km2 tersebut Indonesia memiliki kelimpahan sumberdaya kelautan dan perikanan dengan sejumlah keunggulan komperatif dan kompetitif yang sangat tinggi. Potensi produksi perikanan Indonesia mencapai 65 juta ton per tahun. Dari potensi tersebut hingga saat ini dimanfaatkan sebesar 9 juta ton. Namun, potensi tersebut sebagian besar berada pada perikanan budidaya yang mencapai 57,7 juta ton per tahun dan baru dimanfaatkan 2,08%. Sedangkan potensi perikanan tangkap (laut dan perairan umum) hanya sebesar 7,3 ton per tahun dan telah dimanfaatkan sebesar 65,75%. . Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh PT. Aneka sumber alam jaya Pasuruan dalam pengembangan pemasaran ikan surimi, mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal pemasaran ikan surimi. Penelitiauan ini dilakukan di Kabupaten Pasuruan dengan konsentrasi penelitian di PT. Aneka sumber alam jaya pada Bulan November - Desember 2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, jenis data yang dikumpulkan yaitu data primer dan sekunder, dimana keduanya diambil dengan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisa data yang digunakan yaitu analisa data diskriptif kualitatif dan kuantitatif yang diolah dengan menggunakan analisis IFAS, EFAS, Matrik SWOT, dan Diagram SWOT. Hasil penelitian yang diperoleh dari PT Aneka sumber alam jaya Sistem pemasaran ikan surimi yang dilakukan oleh perusahaan dengan cara pemesan datang langsung ke perusahaan dan pemesanan sebelumnya melalui telefon. Ikan surimi yang dihasilkan dipasarkan untuk intern yaitu sekitar Bogor, Surabaya, Jogja dan Jakarta. Yang kemudian oleh perusahan diolah menjadi makanan siap saji (sosis ikan, bakso ikan nugget ikan) yang siap dikirim ke luar seluruh pelosok Negeri. PT. Aneka sumber alam jaya juga mengeksport produknya sendiri ke beberapa Negara seperti Jepang, Korea, Amerika, Cina, dan Hongkong, jadi untuk proses ekspor, dalam mencari pelanggan dan memasarkan produknya menggunakan cara personal selling dan purchasing order. Berdasarkan perhitungan matrik IFAS diperoleh nilai sebesar 1,40 dan perhitungan matrik EFAS diperoleh nilai 0,65 Hal ini menunjukkan bahwa PT. Aneka sumber alam jaya berada pada posisi kuadran I ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan dimana perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk mendapatkan keuntungan. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy). Pada matrik SWOT dihasilkan diantaranya : SO, ST, WO dan WT alternative yang tepat untuk dapat diterapkan adalah strategi SO (Strengths Opportunities), yaitu memanfaatkan kekuatan untuk meraih peluang yang ada. Berdasarkan hasil analisis Matrik Swot terdapat beberapa alternative strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan untuk pengembangan pemasaran ikan surimi yaitu meningkatkan jumlah produksi untuk memenuhi target pasar, mengoptimalkan bantuan dari Dinas perikanan terkait untuk pengembangan pemasaran ikan surimi, dalam perekrutan tenaga kerja harus lebih selektif dan mengutamakan kualitas kinerjanya, meningkatkan kualitas produk dan menambah kerja sama dengan perusahaan pembuat makanan berbahan ikan.