Analisis Manajemen Strategi Tingkat Pelayanan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Puger Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur
Daftar Isi:
- Salah satu bentuk pelayanan yang mempunyai peranan penting dalam dunia perikanan, khususnya perikanan laut adalah tersedianya pelayanan jasa pelabuhan perikanan. Pelabuhan perikanan merupakan tempat pelayanan umum bagi masyarakat nelayan dan pengusaha perikanan tangkap dalam memanfaatkan sumberdaya perikanan. Hal itulah yang mendasari upaya pengembangan pelabuhan perikanan yang berasas pada harapan dan kepuasan nelayan agar nelayan senantiasa turut serta dilibatkan dalam pengembangan pelabuhan perikanan (Nugroho, 2010). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui gambaran mengenai tingkat pelayanan Pangkalan Pendaratan Ikan Puger. Mengetahui perencanaan strategi manajemen (management strategy) Pangkalan Pendaratan Ikan Puger yang disesuaikan dengan kondisi sumberdaya yang dimiliki sehingga menjadi suatu usulan tingkat pelayanan Pangkalan Pendaratan Ikan dimasa mendatang. Penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian kuantitatif yaitu dengan menggunakan analisa Quantitative Strategies Planning Matrix (QSPM) dan kualitatif Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT) dengan tujuan yang menggambarkan penelitian deskriptif analitik. Dimana bertujuan untuk memberikan gambaran tentang realitas pada obyek yang diteliti secara obyaktif (Deskriptif Analitik). Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dengan melakukan observasi atau pengamatan langsung ke lokasi penelitian, survei dan melakukan wawancara baku atau terstruktur terbuka dengan penyebaran kuisioner tertutup kepada stake holder yang berhubungan dengan penelitian. Data sekunder didapat dari lembaga serta instansi yang terkait dalam penelitian. Jenis pelayanan yang terdapat di PPI Puger antara lain Pelelangan Ikan, suplai es, suplai air & listrik, suplai BBM, pas masuk, parkir kendaraan, sewa lahan, sewa gudang, perbengkelan/dok/slip way, tambat labuh, kebersihan, pengumpulan/ pelaporan data, pembinaan nelayan/pedagang ikan, keamanan/ketertiban, pembinaan mutu hasil perikanan, pengawasan sumber daya ikan, pelayanan informasi dan penyewaan peralatan pengolahan (keranjang ikan, box fibber, blung ikan dan ice crusher).