Konstruksi Identitas Gamers Line Play (Studi Semiotika Sosial Tentang Konstruksi Identitas Diri Dan Identitas Sosial Gamers Game Line Play)

Main Author: Sulistyorini, Cici
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13292/1/Cici%20Sulistyorini.pdf
http://repository.ub.ac.id/13292/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Konstruksi identitas para pemain game online Line Play dalam membangun identitas mereka di dunia virtual. Internet memiliki sebuah fitur game interative multiplayer yang memungkinkan penggunanya melakukan peran-peran fantasi dan mengekplorasinya dengan orang lain. Game simulasi merupakan genre yang terdapat pada beberapa media game yang pemainnya disuguhkan dunia berupa tiruan dari dunia nyata. Setiap orang yang bergabung dalam dunia virtual tersebut akan membuat identitas untuk merepresentasikan diri mereka. Line Play sebagai salah satu game simulasi kehidupan pemain dapat membuat dan menghias avatar dan dunia avatarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakna metode penelitian Kualitatif dengan menggunakan paradigma interpretatif. Penelitian ini menggunakan analisis data semiotika sosial Van Leeuwen. Data diperoleh melalui observasi partisipan serta wawancara secara online terhadap empat orang informan. Hasil yang diperoleh yaitu para pemain mengkonstruksi identitas diri mereka melalui avatar yang mereka buat berdasarkan versi ideal dari diri mereka dan tidak terlalu mencerminkan diri mereka sebenaranya di dunia nyata. Pemain menunjukan identitas primer dan identitas situasional mereka berdasarkan gender avatar.