Strategi Pengembangan Objek Wisata Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung

Main Author: Laili, Anis Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13270/
Daftar Isi:
  • Objek Wisata Pulau Pahawang merupakan salah satu destinasi wisata baru di Provinsi Lampung. Objek wisata tersebut menyuguhkan pemandangan yg indah salah satunya tempat snorkling terbaik di Lampung. Namun keindahan Pulau Pahawang hanya diketahui oleh beberapa masyarakat saja. Tujuan penelitian ini guna mencari alternatif strategi pengembangan yang cocok untuk Objek Wisata Pulau Pahawang guna mengenalkan serta meningkatkan intensitas pengunjung wisatawan baik lokal maupun internasional. Analisis data dilakukan dengan merumuskan strategi dalam tiga tahapan yaitu tahap input, tahap pencocokan dan tahap keputusan. Tahap input menganalisis faktor internal dan faktor eksternal ke dalam Matrik IFE (Internal Factor Evaluation) dan Matriks EFE (External Factor Evaluation). Lalu tahap pencocokan menggunakan Matriks SWOT, Matriks Grand Strategy dan Matriks IE (Internal External). Lalu pada tahap pencocokan menggunakan alat analisis QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan mengarah kearah srategi agresif, tumbuh dan berkembang dengan kombinasi strategi S-O prioritas pemilihan strategi jatuh kepada meningkatkan pelayanan optimal untuk meningkatkan kunjungan wisatawan (skor 5,89).