Gambaran Faktor School Well-Being Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Yang Bersistem Full Day School

Main Author: Handayani, Kevin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13258/1/Kevin%20Handayani.pdf
http://repository.ub.ac.id/13258/
Daftar Isi:
  • Penerapan sistem full day school memberikan dampak positif maupun negatif bagi siswa, guru maupun orang tua. Ketika sistem pembelajaran berubah maka dikhawatirkan school well-being pada siswa juga berubah, sehingga perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi school well-being tersebut. Dengan demikian, sistem full day school dapat berjalan dengan siswa yang memiliki school well-being yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi school well-being pada siswa Sekolah Menengah Atas yang bersistem full day school. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4 siswa Sekolah Menengah Atas yang bersistem full day school. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Setelah data dianalisis maka akan dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan gambaran dimana keempat informan memiliki school well-being yang baik akan tetapi tidak semua informan memiliki tanggapan baik pada semua faktornya. Ketiga faktor school well-being memiliki dinamika, yang mana keempat informan setidaknya memperoleh dua dari tiga faktor yang mempengaruhi dengan baik, hal tersebut sudah cukup menjadikan siswa merasa well-being dengan sistem full day school.