Diferensiasi Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ikan Segar “Sania Lesehan” dan “Endah Lesehan”

Main Author: DinaDestriWardhani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/132534/1/050803224.pdf
http://repository.ub.ac.id/132534/
ctrlnum 132534
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/132534/</relation><title>Diferensiasi Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ikan Segar &#x201C;Sania Lesehan&#x201D; dan &#x201C;Endah Lesehan&#x201D;</title><creator>DinaDestriWardhani</creator><subject>639.2 Commercial fishing, whaling, sealing</subject><description>Variabel-variabel diferensiasi produk, yaitu: keistimewaan produk (X1), kinerja (X2), kesesuaian (X3) dan gaya (X4) baik pada rumah makan ikan segar &#x201C;Sania Lesehan&#x201D; maupun &#x201C;Endah Lesehan&#x201D; sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen. Hal ini dapat terlihat dari hasil uji-t pada rumah makan ikan segar &#x201C;Sania Lesehan&#x201D;, yaitu t-hitung untuk X1, X2, X3 dan X4 secara berurutan 2,110; 2,981; 2,534; 2,141 dan pada &#x201C;Endah Lesehan&#x201D; juga secara berurutan 2,906; 2,204; 2,516; 2,483 lebih besar daripada t-tabel 2,042 serta besarnya variabel yang berpengaruh pada kepuasan konsumen, yaitu sebesar 62% untuk rumah makan ikan segar &#x201C;Sania Lesehan&#x201D; dan 69,6% untuk rumah makan ikan segar &#x201C;Endah Lesehan&#x201D;. Faktor diferensiasi produk yang paling berpengaruh pada kedua rumah makan berbeda. Hal ini dapat dilihat dari besarnya t-hitung. Pada rumah makan ikan segar &#x201C;Sania Lesehan&#x201D; t-hitung yang paling besar adalah kinerja (X2) sebesar 2,981 dan pada &#x201C;Endah Lesehan&#x201D; yang paling berpengaruh adalah keistimewaan produk (X1) sebesar 2,906. Diferensiasi produk pada rumah makan ikan segar &#x201C;Endah Lesehan&#x201D; lebih dapat memberikan kepuasan pada konsumen dari pada &#x201C;Sania Lesehan&#x201D;. Hal ini dapat dilihat dari hasil korelasi Spearman masing-masing X1, X2, X3 dan X4: 0,350; 0,495; 0,575; 0,337 pada rumah makan ikan segar &#x201C;Sania Lesehan&#x201D;. Sedangkan nilai korelasi pada rumah makan ikan segar &#x201C;Endah Lesehan&#x201D; secara berturut-turut adalah: 0,727; 0,657; 0,515; 0,498. Berdasarkan pada hasil penelitian diatas maka disarankan sebagai berikut: (1) Hendaknya rumah makan ikan segar &#x201C;Sania Lesehan&#x201D; dapat menjaga kualitas kinerja karyawan dan dapat lebih meningkatkan kesesuaian, gaya dan yang paling penting keistimewaan produk yang dimiliki, sehingga dapat memberikan kepuasan konsumen yang lebih dari sekarang. (2) Pada rumah makan ikan segar &#x201C;Endah Lesehan&#x201D; hendaknya dapat mempertahankan keistimewaan produk dan dapat pula meningkatkan kesesuaian, gaya dan juga kinerja karyawan sehingga konsumen akan bertambah puas dan memiliki loyalitas yang tinggi. (3) Perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang diferensiasi produk yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen sehingga dapat meningkatkan loyalitas dari konsumen.</description><date>2008-05-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/132534/1/050803224.pdf</identifier><identifier> DinaDestriWardhani (2008) Diferensiasi Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ikan Segar &#x201C;Sania Lesehan&#x201D; dan &#x201C;Endah Lesehan&#x201D;. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FPR/2008/75/050803224</relation><recordID>132534</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DinaDestriWardhani
title Diferensiasi Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ikan Segar “Sania Lesehan” dan “Endah Lesehan”
publishDate 2008
topic 639.2 Commercial fishing
whaling
sealing
url http://repository.ub.ac.id/132534/1/050803224.pdf
http://repository.ub.ac.id/132534/
contents Variabel-variabel diferensiasi produk, yaitu: keistimewaan produk (X1), kinerja (X2), kesesuaian (X3) dan gaya (X4) baik pada rumah makan ikan segar “Sania Lesehan” maupun “Endah Lesehan” sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen. Hal ini dapat terlihat dari hasil uji-t pada rumah makan ikan segar “Sania Lesehan”, yaitu t-hitung untuk X1, X2, X3 dan X4 secara berurutan 2,110; 2,981; 2,534; 2,141 dan pada “Endah Lesehan” juga secara berurutan 2,906; 2,204; 2,516; 2,483 lebih besar daripada t-tabel 2,042 serta besarnya variabel yang berpengaruh pada kepuasan konsumen, yaitu sebesar 62% untuk rumah makan ikan segar “Sania Lesehan” dan 69,6% untuk rumah makan ikan segar “Endah Lesehan”. Faktor diferensiasi produk yang paling berpengaruh pada kedua rumah makan berbeda. Hal ini dapat dilihat dari besarnya t-hitung. Pada rumah makan ikan segar “Sania Lesehan” t-hitung yang paling besar adalah kinerja (X2) sebesar 2,981 dan pada “Endah Lesehan” yang paling berpengaruh adalah keistimewaan produk (X1) sebesar 2,906. Diferensiasi produk pada rumah makan ikan segar “Endah Lesehan” lebih dapat memberikan kepuasan pada konsumen dari pada “Sania Lesehan”. Hal ini dapat dilihat dari hasil korelasi Spearman masing-masing X1, X2, X3 dan X4: 0,350; 0,495; 0,575; 0,337 pada rumah makan ikan segar “Sania Lesehan”. Sedangkan nilai korelasi pada rumah makan ikan segar “Endah Lesehan” secara berturut-turut adalah: 0,727; 0,657; 0,515; 0,498. Berdasarkan pada hasil penelitian diatas maka disarankan sebagai berikut: (1) Hendaknya rumah makan ikan segar “Sania Lesehan” dapat menjaga kualitas kinerja karyawan dan dapat lebih meningkatkan kesesuaian, gaya dan yang paling penting keistimewaan produk yang dimiliki, sehingga dapat memberikan kepuasan konsumen yang lebih dari sekarang. (2) Pada rumah makan ikan segar “Endah Lesehan” hendaknya dapat mempertahankan keistimewaan produk dan dapat pula meningkatkan kesesuaian, gaya dan juga kinerja karyawan sehingga konsumen akan bertambah puas dan memiliki loyalitas yang tinggi. (3) Perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang diferensiasi produk yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen sehingga dapat meningkatkan loyalitas dari konsumen.
id IOS4666.132534
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T02:06:54Z
last_indexed 2021-10-28T07:21:41Z
recordtype dc
_version_ 1751454922987012096
score 17.538404