Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasi Toko Terhadap Minat Beli Konsumen Dapoer Qoe, Malang
Main Author: | Fitri, Hervinda Aini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/13227/1/HERVINDA%20AINI%20FITRI.pdf http://repository.ub.ac.id/13227/ |
Daftar Isi:
- Minimarket Dapoer merupakan salah satu minimarket milik perorangan yang belokasi di Kota Malang. Berbeda dengan minimarket pada umumnya, Dapoer Qoe berfokus menjual sayuran dan buah-buahan. Pada lima tahun terakhir terjadi penurunan konsumsi buah dan sayur. Hal tersebut menandakan terjadi penurun minat beli masyarakat terhadap buah dan sayur. Penurunan minat beli tersebut mengakibatkan terjadinya penurunan jumlah transaksi pembelian di Dapoer Qoe. Sebagai pemasar, Dapoer Qoe harus menarik minat beli konsumen untuk mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere dan lokasi toko terhadap minat beli konsumen dan mengidentifikasi variabel yang paling dominan mempengaruhi minat beli konsumen Dapoer Qoe Malang. Lokasi penelitian berada di Dapoer Qoe Jl. Danau Bratan Raya C3/A12, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Malang pada Januari 2018. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode accidental sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Partial Least Squares - Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan alat analisis SmartPLS 2.0. Berdasarkan hasil penelitian, variabel pembentuk store atmosphere yang terdiri dari eksterior toko, general interior, store layout, interior display, dan human variables mempengaruhi minat beli konsumen secara signifikan dan positif. Masing-masing variabel memiliki pengaruh langsung (direct effect) terhadap minat beli konsumen Dapoer Qoe. Variabel eksterior toko memiliki nilai koefisien sebesar 0.207, general interior 0.121, store layout 0.150, interior display 0.176, dan human variables sebesar 0.223. Variabel lokasi toko juga mempengaruhi variabel minat beli konsumen Dapoer Qoe secara signifikan dan positif dengan nilai koefisien sebesar 0.154. Variabel yang dominan mempengaruhi minat beli adalah human variables dengan nilai koefisien tertinggi yaitu 0,223. Saran dalam penelitian ini adalah untuk tetap meningkatkan pelayanan terkait human variables dengan menerapkan senyum, sapa, salam oleh pegawai, serta lebih aktif berkomunikasi dengan konsumen yang membutuhkan. Selain itu juga terdapat keluhan terkait general interior toko khususnya kebersihan dan aroma, salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam peningkatan general interior yaitu dengan menjadwalkan kegiatan pembersihan ruangan secara menyeluruh minimal dua kali seminggu, serta memberikan pengharum ruangan.