Strategi Pemasaran Obat Herbal Studi Kasus Pada Perusahaan Obat Herbal Jamur Dewa Di Kabupaten Malang
Main Author: | Retno, Dyah Ayu Ken |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/13212/1/DYAH%20AYU%20KEN%20RETNO.pdf http://repository.ub.ac.id/13212/ |
Daftar Isi:
- Obat herbal telah menjadi alternatif pilihan pengobatan yang mulai dipertimbangkan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran obat herbal adalah PT. WXYZ yang berdiri mulai tahun 2016. Perusahaan ini adalah perusahaan distributor tunggal dari produk ekstrak Jamur Dewa yang diproduksi oleh PT. ASIMAS. Perusahaan masih tergolong baru dan belum bisa membuat suatu rancangan strategi yang tepat untuk produk obat herbal berbahan baku Jamur Dewa. Kondisi tersebut menyebabkan penjualan perusahaan yang fluktuatif dan profit perusahaan tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan ekternal perusahaan dan mengetahui alternatif strategi pemasaran dan prioritas strategi yang tepat bagi PT. WXYZ melaui metode AHP-SWOT, sehingga penelitian ini diharapkan mampu menjadi pertimbangan perusahaan dalam merencanakan strategi pemasarannya. Pendekatan penelitian menggunkan mix method kualitatif dan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan hanya PT.WXYZ saja yang menjual produk obat herbal Jamur Dewa di Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode AHP-SWOT yaitu penggabungan metode AHP (Analitical Hierarchy Process) dan SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity Threat). SWOT digunakan untuk menghasilkan alternatif steategi dengan mempertimbangkan faktor eksternal dan internal perusahaan. Sedangkan, analisis AHP digunakan dalam penentuan bobot dari tiap tingkatnya dan memberikan penilaian untuk mengetahui prioritas strategi yang dihasilkan dalam matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis strategi pemasaran obat herbal Jamur Dewa pada PT.WXYZ faktor internal kekuatan dengan nilai tertinggi yaitu faktor penjualan secara online lebih mudah dalam menjangkau konsumen (0,521), sedangkan faktor internal kelemahan tertinggi adalah kurangnya edukasi tentang khasiat jamur dewa kepada masyarakat (0,693). Faktor eksternal mencakup faktor eksternal peluang dengan nilai tertinggi yaitu banyak media promosi murah yang bisa digunakan (0,748), sedangkan untuk faktor ekternal ancaman yaitu peraturan pemerintah belum mendukung industri obat herbal (0,366). Berdasarkan hasil analisis posisi perusahaan berada pada kuadran konservatif yaitu perusahaan perlu meminimalkan kelemahan perusahaan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Alternatif strategi yang paling penting adalah strategi WO (Weaknesses-Opportunities) yaitu mengenalkan produk pada kegiatan Car Free Day atau event lain yang terdapat banyak calon konsumen potensial untuk menekan biaya promosi.