Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Beras Organik Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus Di Pasar Modern Kota Malang)
Main Author: | Arif, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/132072/1/SKRIPSI_FINAL.pdf http://repository.ub.ac.id/132072/ |
Daftar Isi:
- Komoditas pangan yang dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah beras. Dibalik berbagai macam keunggulan beras yang ditawarkan, beras juga menjadi salah satu produk pertanian yang tidak sehat. Penyebab beras tidak sehat, salah satunya karena diduga terdapat kandungan sisa bahan kimia. Sisa bahan kimia tersebut dapat berasal dari cara produksi yang menggunakan pestisida dan pupuk kimia dalam dosis tinggi maupun karena pencemaran lingkungan (Utami, 2011). Banyaknya bahan kimia yang terkandung didalam beras membuat Konsumen Indonesia semakin lama semakin sadar akan pentingnya produk beras yang sehat, ditambah lagi dengan berkembangnya trend gaya hidup “back to nature” yang membuat konsumen di Indonesia semakin peduli akan produk pangan yang sehat dan kelestarian lingkungan tempat tinggalnya. Jawaban dari besarnya tuntutan terhadap produk pangan yang bermutu tinggi, aman dikonsumsi dan ramah lingkungan ialah produk berlebel organik. Akan tetapi terdapat beberapa masalah yang terjadi di dalam pengembangan sektor pertanian organik khususnya beras di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan penelitian mengenai peningkatan volume penjualan beras organik. Secara umum, permasalahan dalam penelitian ini yaitu “sejauh mana keputusan konsumen dalam pembelian beras organik berpengaruh terhadap volume penjualan beras organik di pasar modern kota Malang”. Dengan demikian, penelitian ini penting untuk dilakukan agar dapat diperoleh masukan untuk upaya peningkatan volume penjualan beras organik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis prilaku konsumen dalam melakukan pembelian beras organik di kota Malang, (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian beras organik di kota Malang, (3) Menganalisis tingkat volume pembelian beras organik di kota Malang dan (4) Menganalisis pengaruh perilaku konsumen dalam membeli beras terhadap volume penjualan produsen beras organik. Penelitian ini dilakukan di pasar modern kota Malang yaitu LOKA Supermarket dan Fres Green. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive dengan pertimbangan bahwa kedua pasar modern tersebut memiliki paling banyak stok dan varian beras organik. Penelitian ini dilaksanakan pada Agustus – Oktober 2016. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dikarenakan jumlah populasi tidak diketahui dengan pasti, begitu juga dengan peluang terpilihnya menjadi sampel. Metode analisis yang digunakan yaitu (1) membandingkan perilaku konsumen yang membeli beras organik secara kontinyu dan tidak, (2) analisis regresi logistik, (3) analisis uji beda rata-rata dan (4) analisis regresi linier dengan menggunakan satu variabel dummy. vi Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Konsumen beras organik yang memilih untuk mengkonsumsi beras organik secara kontinyu lebih banyak dari pada yang memilih mengkonsumsi secara tidak kontinyu. (2) Variabel manfaat kesehatan, kualitas, pendapatan dan pendidikan berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian beras organik secara kontinyu. Sementara itu, variabel kemasan berpengaruh negatif terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian beras organik secara kontinyu. (3) Terdapat perbedaan rata-rata volume pembelian beras organik dari konsumen yang melakukan pembelian beras organik secara kontinyu dan tidak. (4) Keputusan konsumen dalam melakukan pembelian beras organik berpengaruh positif terhadap volume penjualan beras organik. Berdasarkan hasil penelitian, maka perlu dilakukan sosialisasi lebih lanjut mengenai manfaat yang ditawarkan beras organik baik manfaat bagi individu yang mengkonsumsinya dan manfaat bagi lingkungan. Penelitian lanjutan juga perlu dilakukan dengan melibatkan variabel-variabel yang tidak digunakan dalam penelitian ini dan variabel yang tidak dapat disimpulkan pengaruhnya terhadap peningkatan volume penjualan beras organik.