Kajian Nilai Tambah Dan Strategi Pengembangan Produk Sereal Beras Organik (Studi Kasus di Kelompok Tani Sumber Makmur II Desa Sumber Ngepoh Kecamatan Lawang Kabupaten Malang)
Main Author: | Lubis, Yusran |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/132036/1/skripsi_Yusran_Lubis_125040101111101.pdf http://repository.ub.ac.id/132036/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan pertanian organik erat kaitannya dengan perubahan gaya hidup dalam mengkonsumsi. Semakin meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya kesehatan, permintaan akan produk makanan yang bergizi, aman dan sehat juga meningkat. Hal tersebut menjadikan tren mengkonsumsi bahan makanan organik berkembang di masyarakat. Dalam perkembangannya, salah satu peluang pengembangan produk pertanian organik adalah sereal beras organik. Pengolahan beras menjadi sereal beras juga merupakan pengembangan produk pertanian organik, langkah dalam diversifikasi pangan yang mengubah bentuk beras dan membuat konsumen lebih mudah dalam mengkonsumsinya tetapi tidak mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengkaji besarnya nilai tambah dari agroindustri sereal beras organik setiap kg nya di agroindustri kelompok tani Sumber Makmur II, Lawang. (2) Mengetahui kondisi lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) pada agroindustri sereal beras organik agroindustri kelompok tani Sumber Makmur II. (3) Merumuskan strategi pengembangan agroindustri sereal beras organik dengan memanfaatkan analisis nilai tambah, IFAS-EFAS, Diagram SWOT, Analisis SWOT dan analisis QSPM. Penelitian dilakukan secara purposive di Agroindustri Kelompok Tani Sumber Makmur II, Desa Sumber Ngepoh Kecamatan Lawang Kabupaten Malang selama 3 bulan yaitu Bulan Juni sampai Agustus 2016. Responden dalam penelitian ini terdiri dari key informan dan sampel yang diperoleh dari dari internal dan eksternal Agroindustri Kelompok Tani Sumber Makmur II. Responden internal sebagai key informan terdiri atas pengurus Agroindustri Kelompok Tani Sumber Makmur II. Responden eksternal terdiri atas konsumen, pesaing, lembaga keuangan dan perwakilan pemerintah. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara, kuisioner dan dokumentasi serta data sekunder yang diperoleh melalui literatur, penelitian terdahulu dan dari instansi terkait. Analisis data yang digunakan yaitu analisis Nilai Tambah, matriks IFE, matriks EFE, Diagram SWOT, matriks SWOT dan QSPM. Hasil dari analisis yang telah dilakukan yaitu besarnya nilai tambah dari agroindustri sereal beras organik kelompok tani Sumber Makmur II setiap kali produksi per kg sebesar Rp 29.119. Hasil perhitungan matriks IFE pada produk sereal beras organik kelompok tani Sumber Makmur II menunjukkkan bahwa total skor faktor matriks Internal (IFE) sebesar 2,24 yang menunjukkan kondisi internal perusahaan yang masih di bawah rata-rata atau belum cukup baik. Sedangkan hasil perhitungan matriks EFE menunjukkan bahwa total skor faktor eksternal adalah 3,15 yang menujukkan bahwa perusahaan merespon cukup baik terhadap peluang yang ada dan menghindari ancaman-ancaman di pasar. Hasil dari diagram SWOT menunjukkan posisi perusahaan berada pada kuadran IV yang menunjukkan bahwa kelompok tani Sumber Makmur II berada pada tahap tumbuh dan berkembang dengan strategi diversifikasi. Pada mastriks SWOT didapatkan 8 alternatif strategi pengembangan yang terdiri dari masing-masing 2 stategi S-O, W-O, S-T dan W-T. Berdasarkan perhitungan STAS pada matriks QSPM, diperoleh prioritas alternatif strategi yaitu : Meningkatkan peran kelompok tani untuk membantu keberlangsungan produksi dan pemasaran produk (Strategi VII dengan nilai TAS 4,084)