ctrlnum 132035
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/132035/</relation><title>Kajian Tentang Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Beras Berlabel Berdasarakan Levels Income (Studi Kasus Di Kecamatana Lowokwaru Kota Malang).</title><creator>Prakasa, EmilAnanta</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Indonesia menempati urutan ketiga sebagai produsen beras terbesar di dunia. Komoditas beras merupakan salah satu komoditas pangan yang mempunyai peranan penting baik dari sisi produsen, konsumen, pemerintah maupun masyarakat dan lingkungan secara umum. Berdasarkan sisi konsumen, konsumen Indonesia memiliki ketergantungan yang tinggi dalam mengkonsumsi beras, mengingat lebih dari 90 persen penduduk mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok. Masalah kualitas menjadi salah satu kriteria penting konsumen dalam memilih beras yang akan dikonsumsinya. Konsumen beras saat ini semakin mementingkan mutu dan melihat beras tidak hanya sebagai komoditas melainkan sebagai suatu produk dengan kriteria tertentu. Selain kualitas, faktor lain yang juga dominan mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian adalah harga. Karakteristik konsumen beras terdiri dari berbagai tingkat pendapatan yang dapat dilihat berdasarkan pekerjaan, pendidikan, dan variabel kelas sosial lainnya. Perbedaan pendapatan yang diterima oleh seseorang menjadi salah satu indikator dalam perbedaan kelas sosial. Perbedaan pendapatan tersebut akan menyebabkan perbedaan pola konsumsi. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat perbedaan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi beras pada kelas sosial yang berbeda. Perlu dilakukan penelitian yang melihat karekteristik konsumen dalam pembelian beras. Penelitian ini fokus pada wilayah Kota Malang dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan karakteristik konsumen beras berdasarkan tingkat pendapatan dan menganalisis atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian beras berlabel di Kota Malang. Penelitian ini di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Jawa Timur. Penentukan populasi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Non Probability Sampling. Hal tersebut dikarenakan populasi konsumen beras berlabel tidak diketahui secara pasti. Sedangkan untuk metode pengambilan sampel menggunkan Accidental Sampling. Pemilihan sampel didasarkan pada ketersediannya untuk dikaji. Metode yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, Skala Likert dan analisis faktor. Hasil dari penelian ini didapat bahwa konsumen kelas atas cenderung tidak sensitive terhadap harga dan memiliki tingkat pendidikan sarjana, sedangkan tingkat menengah mayoritas adalah lulusan SMA dan tingkat bawah adalah lulusan SD yang sama sama memiliki sensitivitas terhadap harga, namun tiap kelas merasa puas dengan konsumsi yang dilakukan terhadap beras yang dibeli. Harga merupakan atribut yang memiliki pengaruh paling besar dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli beras di Kota Malang, sedangkan varietas tidak dipertimbangkan oleh konsumen dikarenakan ketidak tahuan dan minimnya informasi terhadap varietas padi yang menghasilkan beras yang dikonsumsi oleh konsumen.</description><date>2017-01-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/132035/1/Cover_New.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/132035/2/Lembar_pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/132035/2/BAB_I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/132035/2/Lembar_persetujuan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/132035/3/Daftar_isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/132035/4/BAB_II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/132035/5/BAB_III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/132035/5/BAB_V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/132035/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/132035/6/BAB_VI.pdf</identifier><identifier> Prakasa, EmilAnanta (2017) Kajian Tentang Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Beras Berlabel Berdasarakan Levels Income (Studi Kasus Di Kecamatana Lowokwaru Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2017/128/051702702</relation><recordID>132035</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Prakasa, EmilAnanta
title Kajian Tentang Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Beras Berlabel Berdasarakan Levels Income (Studi Kasus Di Kecamatana Lowokwaru Kota Malang)
publishDate 2017
topic 338.1 Agriculture
url http://repository.ub.ac.id/132035/1/Cover_New.pdf
http://repository.ub.ac.id/132035/2/Lembar_pengesahan.pdf
http://repository.ub.ac.id/132035/2/BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/132035/2/Lembar_persetujuan.pdf
http://repository.ub.ac.id/132035/3/Daftar_isi.pdf
http://repository.ub.ac.id/132035/4/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/132035/5/BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/132035/5/BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/132035/6/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/132035/6/BAB_VI.pdf
http://repository.ub.ac.id/132035/
contents Indonesia menempati urutan ketiga sebagai produsen beras terbesar di dunia. Komoditas beras merupakan salah satu komoditas pangan yang mempunyai peranan penting baik dari sisi produsen, konsumen, pemerintah maupun masyarakat dan lingkungan secara umum. Berdasarkan sisi konsumen, konsumen Indonesia memiliki ketergantungan yang tinggi dalam mengkonsumsi beras, mengingat lebih dari 90 persen penduduk mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok. Masalah kualitas menjadi salah satu kriteria penting konsumen dalam memilih beras yang akan dikonsumsinya. Konsumen beras saat ini semakin mementingkan mutu dan melihat beras tidak hanya sebagai komoditas melainkan sebagai suatu produk dengan kriteria tertentu. Selain kualitas, faktor lain yang juga dominan mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian adalah harga. Karakteristik konsumen beras terdiri dari berbagai tingkat pendapatan yang dapat dilihat berdasarkan pekerjaan, pendidikan, dan variabel kelas sosial lainnya. Perbedaan pendapatan yang diterima oleh seseorang menjadi salah satu indikator dalam perbedaan kelas sosial. Perbedaan pendapatan tersebut akan menyebabkan perbedaan pola konsumsi. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat perbedaan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi beras pada kelas sosial yang berbeda. Perlu dilakukan penelitian yang melihat karekteristik konsumen dalam pembelian beras. Penelitian ini fokus pada wilayah Kota Malang dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan karakteristik konsumen beras berdasarkan tingkat pendapatan dan menganalisis atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian beras berlabel di Kota Malang. Penelitian ini di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Jawa Timur. Penentukan populasi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Non Probability Sampling. Hal tersebut dikarenakan populasi konsumen beras berlabel tidak diketahui secara pasti. Sedangkan untuk metode pengambilan sampel menggunkan Accidental Sampling. Pemilihan sampel didasarkan pada ketersediannya untuk dikaji. Metode yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, Skala Likert dan analisis faktor. Hasil dari penelian ini didapat bahwa konsumen kelas atas cenderung tidak sensitive terhadap harga dan memiliki tingkat pendidikan sarjana, sedangkan tingkat menengah mayoritas adalah lulusan SMA dan tingkat bawah adalah lulusan SD yang sama sama memiliki sensitivitas terhadap harga, namun tiap kelas merasa puas dengan konsumsi yang dilakukan terhadap beras yang dibeli. Harga merupakan atribut yang memiliki pengaruh paling besar dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli beras di Kota Malang, sedangkan varietas tidak dipertimbangkan oleh konsumen dikarenakan ketidak tahuan dan minimnya informasi terhadap varietas padi yang menghasilkan beras yang dikonsumsi oleh konsumen.
id IOS4666.132035
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T02:06:22Z
last_indexed 2021-10-28T07:21:14Z
recordtype dc
_version_ 1751454925328482304
score 17.538404