Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Petani Tebu Pada Pt. Pg. Candi Baru Sidoarjo Jawa Timur
Main Author: | Chotimah, Chusnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/131959/ |
Daftar Isi:
- Keberadaan industri gula di tanah air merupakan salah satu sumber daya yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Akan tetapi, Industri gula saat ini dihadapkan pada beberapa tantangan permasalahan, diantaranya yaitu semakin terbatasnya luasan areal tanaman tebu dan tidak tersedianya varietas bibit unggul tebu, kurangnya manajemen persediaan bahan baku tebu, manajemen produksi dan operasi yang berakibat pada menurunnya produktivitas industri gula. PT. PG. Candi Baru yang berlokasi di kota Sidoarjo adalah pabrik yang di bangun pada jaman Belanda dan merupakan perusahaan penghasil gula SHS I (Superior Hooft Suiker) atau (Gula Kristal Putih I) yang diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan gula di Indonesia khususnya Jawa Timur. Dalam memperoleh bahan baku PT. PG. Candi Baru Sidoarjo bekerjasama dengan petani tebu rakyat. Loyalitas petani tebu sangat perlu dipertahankan dan mendapatkan perhatian khusus karena petani tebu adalah sasaran utama dalam menyediakan pasokan bahan baku tebu. Oleh karena itu, peneliti ingin mengakaji sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan, kesesuaian harga pasok dan reputasi perusahaan terhadap loyalitas petani tebu yang bermitra dengan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap reputasi perusahaan, (2) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas petani tebu yang bermitra dengan perusahaan, (3) menganalisis pengaruh reputasi terhadap loyalitas petani tebu yang bermitra dengan perusahaan, (4) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara tidak langsung terhadap loyalitas petani tebu melalui reputasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. PG. Candi Baru Sidoarjo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penentuan responden dengan cara Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Data dalam penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji validitas dan reabilitas, analisis regresi linear berganda yang distandarisasi yaitu analisis jalur (Path Analysis). Hasil dari penelitian yaitu; (1) kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh terhadap reputasi perusahaan dengan nilai koefisien path sebesar 0,340 dan 0,527. Dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan dan harga akan meningkatkan reputasi perusahaan. (2) kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap loyalitas petani tebu dengan nilai koefisien path sebesar 0,341 dan 0,294. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik dan kebijakan harga yang tinggi dibandingkan pesaing akan meningkatkan loyalitas petani tebu terhadap perusahaan. (3) variabel reputasi perusahaan berpengaruh terhadap loyalitas petani tebu dengan nilai koefisien path sebesar 0,326. Hal ini menunjukkan, semakin tinggi reputasi perusahaan maka akan semakin meningkatkan loyalitas bagi para i ii petani tebu, sebaliknya jika reputasi perusahaan rendah maka loyalitas petani tebu terhadap perusahaan akan rendah. (4) kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas petani tebu melalui variabel reputasi perusahaan yaitu sebesar 0,111 dan 0,172. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan harga mampu memperkuat reputasi perusahaan terhadap loyalitas petani tebu. Saran yang dapat diberikan penulis terkait hasil penelitian yang telah diperoleh yaitu; Bagi perusahaan, kualitas pelayanan dan harga atau bagi hasil harus ditingkatkan dan mendapatkan perhatian khusus untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan loyalitas petani tebu sehingga perusahaan dapat mencapai produksi maksimal dan dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Hal ini dikarenakan dalam perhitungan statistik menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga dan reputasi perusahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas petani tebu yang bermitra dengan PT. PG. Candi Baru Sidoarjo.