Pengaruh Trait Kepribadian Big Five, dan Ewom Terhadap Pengambilan Keputusan Wisatawan dalam Berkunjung ke Tempat Wisata

Main Author: Tatu, Viola Chelsaa Eirene
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13193/1/Viola%20Chelsaa%20Eirene%20Tatu.pdf
http://repository.ub.ac.id/13193/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian dan electronic word of mouth terhadap pengambilan keputusan wisatawan dalam berkunjung ke tempat wisata. Penelitian ini melibatkan 121 wisatawan sebagai partisipan. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Skala yang digunakan adalah skala The Big Five Personality, diadaptasi dari Big Five Personality Inventory (BFI) yang dikembangkan oleh John (1990) dan diadaptasi oleh Neila Ramdhani (2012) kedalam bahasa. Skala selanjutnya adalah eWOM dikembangkan oleh Bataineh dan diadaptasi oleh Evan Prajongko. Skala yang selanjutnya adalah skala keputusan berkunjung milik Irma Riantika dan dimodifikasi oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan variabel The Big Five Personality (extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, openness) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berkunjung. Sedangkan hasil uji hipotesis variabel eWOM menunjukkan bahwa terdapat pengaruh eWOM terhadap keputusan berkunjung.