Peran Media Sosial Instagram Sebagai Alat Komunikasi Dalam Meningkatkan Penjualan Onde-Onde (Kasus pada Bisnis Online “Warung Agrin” Gadang, Jawa Timur)
Main Author: | ZhanifaFebulla, Jade |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Lainnya |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/131809/2/skripsi.PDF http://repository.ub.ac.id/131809/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan internet yang sangat cepat memberi pengaruh signifikan dalam segala bentuk aspek kehidupan. Munculnya teknologi informasi saat ini tidak harus dengan langsung bertatap muka. Banyak fitur-fitur telpon genggam yang menyediakan aplikasi untuk mengakss internet, termasuk telepon genggam baik blackberry, android maupun smartphone. Sehingga kecanggihan dengan cepat dimanfaatkan oleh para pengguna dan terbentuklah situs yang dinamakan jejaring sosial. Indonesia memiliki pengguna terbanyak akun media sosial. Facebook merupakan media sosial yang paling populer dimiliki oleh penduduk Indonesia, disusul twitter, google+, dan instagram. Salah satu fungsi internet yang menjadi fokus penelitian ini adalah kemampuannya untuk melakukan kegiatan pemasaran baik produk dan brand image secara online bagi siapa saja yang membutuhkan dan terhubung dengan media internet. Selain memberikan banyak sekali peluang, bisnis ini juga memiliki beberapa resiko yang akan dihadapi oleh pemilik bisnis yang melakukan pemasarannya melalui instagram, sama halnya yang dilakukan oleh Agrin dalam memanfaatkan instagram sebagai media pemasarannya. Bila pemilik bisnis kurang inovatif dalam menjalankan pemasaran pada produknya tentu ia akan tertinggal atau bahkan produknya sama sekali tidak akan ditengok oleh calon pembeli. Hal inilah yang membuat setiap perusahan harus membuat perencanaan yang matang dan juga analisis yang tepat untuk memilih dan menggunakan model pemasaran melalui instagram agar penjualan dapat terus meningkat. Tujuan dari penelitian adalah: (1) Mengidentifikasi strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Warung Agrin, (2) Mengidentifikasi penggunaan alat komunikasi pemasaran berbasisi media sosial instagram yang digunakan untuk meningkatkan pembelian produk onde-onde, dan (3) Menganalisis peran media sosial akun instagram dalam meningkatkan penjualan produk onde-onde. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penentuan lokasi menggunakan purposive. Sedangkan penentuan informan dibagi menjadi dua kelompok yaitu informan kunci dan informan pendukung, untuk penentuan samplenya menggunakan pusposiv dan accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan ialah model Miles dan Huberman dan menggunakan teknik triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Hasil dari penelitian ini adalah pertama setiap peruahaan haruslah memiliki perencanaan yang matang dalam memasarkan produknya agar mampu diterima oleh masyarakat, kedua Agrin memanfaatkan media sosial instagram dalam menarik konsumen dengan cara terus memberikan informasi terkini mengenai produk dan juga memberikan diskon atau potongan khusus, ketiga pemanfaatan yang tepat pada akhirnya mampu memberikan nilai plus untuk perusahaan tentunnya peningkatan penjualan yang berkaitan dengan omset perusahaan.